Jelang Pemilu Serentak 2024, ini Himbauan para Tokoh di Papua

129

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Pemilu serentak tahun 2024 di Provinsi Papua harus mengikuti tahapan – tahapan yang sudah diatur dalam peraturan pemilu serentak tahun 2024.

Banyak himbauan dan upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mensosialisasikan tata cara pemilu serentak 2024, tak hanya pemerintah, elemen masyarakat pun terlibat termasuk Pastor Yohanes Jonga yang merupakan tokoh agama  dari katolik di Papua.

“Kepada seluruh masyarakat agar mengikuti semua aturan dan tahapan yang sudah diatur di dalam peraturan pemilu serentak 2024, dan jangan mudah terpancing oleh isu-isu yang dibuat oleh kelompok manapun yang bertujuan mengganggu keamanan jelang pemilu 2024,” imbuhnya.

Lebih lanjut kata pastor, percayakan Kamtibmas kepada pihak yang bertanggung jawab dan masyarakat harus baju membahu untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang aman di tanah Papua, sehingga pelayanan, pembangunan dan pendidikan dapat berjalan dengan baik.

Di tempat yang terpisah, tokoh pemuda Papua Salmon Wantik yang juga merupakan ketua BEM Uncen menyebutkan pemilu 2024 akan menjadi tonggak sejarah bagi masyarakat Papua.

“Pemilu ininakan menjadi sejarah, Kalau kita lihat dari pemilu sebelumnya dimana beberapa daerah terjadi konflik antar masyarakat akibat dari kepentingan para elit politik yang memiliki kepentingan sesaat,” ungkapnya.

Untuk itu, saya berharap agar pemilu kali ini para elit politik jangan sampai membenturkan masyarakat hanya demi kepentingan pribadi untuk mencapai tujuan politik,” tuturnya.[redaksi]