Kabupaten Jayapura Raih Penghargaan Anugerah Kabupaten Informatif

SENTANI, PapuaSatu.com – Kabupaten Jayapura masuk kategori lembaga publik informatif versi Komisi Informasi Provinsi Papua.

Karena itu, Pemerintah Kabupaten Jayapura menjadi salah satu lembaga publik yang dalam ajang penganugerahan kepada lembaga publik kategori informatif oleh kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI, menerima penghargaan tersebut.

Gustaf Griapon, ST
Gustaf Griapon, ST

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon yang menerima penghargaan tersebut mengungkapkan bahwa Anugerah Kabupaten Informatif tersebut mencerminkan keterbukaan informasi publik yang sudah dilakukan OPD-OPD di wilayah Kabupaten Jayapura.

“Kemarin ada 16 yang mendapatkan penghargaan itu, salah satunya kami dari Pemerintah Kabupaten Jayapura,” ungkapnya saat ditemui papuasatu.com di Sentani, Jumat (9/12/22).

Salah satu kriteria yang memberikan bobot tinggi dalam penganugerahan sebagai kabupaten informatif bagi Pemerintah Kabupaten Jayapura, adalah penyediaan saluran informasi yang memadai, seperti mealui website, radio, televisi, maupun media sosial.

Dan untuk Pemerintah Kabupaten Jayapura, telah memiliki dan memanfaatkan semua media tersebut dalam mempublikasikan pembangunan yang dilaksanakannya.

“Dan ini juga berkat dukungan Bapak Bupati Jayapura, Bapak Matius Awoitauw, Wakil Bupati Jayapura, Pak Giri Wijayantoro, Ibu Sekda, para asisten dan pimpinan OPD serta PPID-PPID pembantu yang ada,” jelasnya.

Dikatakan, bahwa penilaiannya cukup luar biasa atas kuisioner-kuisioner diajukan di seluruh OPD peayanan publik serta dinas-dinas yang ada.

“Harapan kami yang ada ini kita terus tingkatkan yang kekurangan kemarin kita benahi di Tahun 2023 mendatang,” harapnya.

Untuk diketahui, penghargaan berupa anugerah lembaga publik informatif tersebut diberikan Kementerian Dalam Negeri RI kepada pemerintah daerah dan badan publik di Papua yang berkomitmen menerapkan Keterbukaan Informasi Publik (KIP), karena hak masyarakat untuk tahu dan mendapatkan informasi dijamin undang-undang.

Kabupaten Jayapura mendapat Anugerah Kabupaten Informatif yang diterima Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon,ST, bersama pimpinan dari 15 badan publik lainnya, yang diserahkan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Benni Irwan di Swissbell Hotel Jayapura, Kamis (8/12).

Yang mana, pada penganugerahan keterbukaan informasi publik tersebut, terdapat empat badan publik masuk kategori cukup informatif, enam badan publik menuju informatif, dan 16 badan publik masuk kategori informatif.[yat]