Kabupaten Waropen dan Supiori Belum Tandatangan NPHD

0
75

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020 mendatang, ada 11 Kabupaten yang hendak melaksanakan pilkada serentak. 11 Kabupaten tersebut antara lain Kabupaten Waropen, Supiori, Merauke, Yalimo, Boven Digul, Asmat, Mamberamo Raya, Nabire, Keerom, Pegunungan Bintang, dan Kabupaten Yahukimo.

Namun, hingga kini, 2 dari 11 kabupaten tersebut belum menandatangani naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) yakni Kabupaten Waropen dan Supiori.

Ketua KPU Provinsi Papua, Theodorus Kossay berharap 2 Kabupaten tersebut segera melakukan NPHD mengingat pelaksanaan pilkada akan segera berjalan dan ia tak ingin ada hambatan.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe mengatakan ultimatumnya sudah sejak tanggal 1 Oktober 2019 lalu harus ditandatangani. “Namun belum dilaksanakan maka kita kasih kesempatan dalam minggu ini harus sudah selesai,” katanya usai peluncuran Pilkada serentak 2020, Selasa (8/10/2019) di Taman Imbi, Jayapura.

Gubernur menegaskan, ia tak akan melakukan panggilan berulang-ulang. “Saya tidak akan memanggil lagi kedua kepala daerah karena itu sudah menjadi kewajiban pemda untuk mengalokasikan dana bagi KPU sehingga harus ditandatangi secepatnya,” tegasnya.

Senada dengan itu, Ketua Ketua KPU RI, Arief Budiman meminta 2 kabupaten yang belum melakukan NPDH agar segera dijadwalkan oleh pihak KPU dan Pemda Kabupaten. “Kedua belah pihak harus bertemu dan menentukan tanggal serta komitmen. Adakan kesepakatan, tidak boleh molor,” pintanya.

Dikatakan, bila ia memaksakan untuk melakukan NPDH hari ini, ia belum tahu situasi disana. “Saya tidak tahu situasi disana, jangan sampai masih diskusi terkait anggaran. Yang penting harus komitmen dan menyamaratakan pikiran,” tukasnya. [ayu]