Kapal Bermuatan 30 Ton Ikan Tenggelam

1332
Suasana evakuasi Km Sinar Baru 1 di dermaga pelabuhan perikanan merauke, Selasa (5/9/2017). (ISt/PapuaSatu.com)

Suasana evakuasi Km Sinar Baru 1 di dermaga pelabuhan perikanan merauke, Selasa (5/9/2017). (ISt/PapuaSatu.com)



Merauke, PapuaSatu.com – Sebuah kapal ikan bernama KM Sinar Baru 1 tenggelam dihantam gelombang saat hendak merapat di Dermaga Perikanan, Kabupaten Merauke, Selasa (5/9/2017) dini hari

Rencananya kapal tersebut akan melakukan bongkar muatan 30 ton ikan ke Kapal Tramper KM  Ivpin Jaya 08. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, Nahkoba dan anak buah kapal (ABK) berhasil menyelamatkan diri.

Juru bicara Polda Papua, Kombes Pol AM Kamal ketika dikonfirmasi membenarkan, adanya kapal tenggela tersebut. “Peristiwa itu sekitar pukul 02.30 WIT.  Polisi setempat masih meminta keterangan saksi-saksi terkait peristiwa itu,” kata Kamal.

Ia menjelaskan, dari hasil informasi awal yang diperoleh di Polres Merauke, terbaliknya kapal bermuatan ikan ini berawal saat KM Sinar Baru 1 hendak sandar ke badan KM Cahaya Papua. Kapal rencananya akan melakukan bongkar muat 30 ton kapal ke KM Ivpin Jaya 08.

“Saat itu ABK jaga Anton melihat arus keluar sangat kencang dan langsung membangunkan ABK lainnya. Pada waktu yang singkat tali spring buritan kapal lepas ikatan dari border KM Cahaya Papua disusul putusnya tali tross buritan yang terikat di Bolder Dermaga Perikanan, kurang lebih 10 menit kapal miring dan tenggelam,” jelas Kamal.

Kamal memastikan 25 ABK dan Nahkoda kapal bernama Dedy Arianto selamat dalam peristiwa itu. “Kapal ini tercatat milik Limantoro di Jakarta. Sementara dalam penyelidikan lebih lanjut,” kata mantan Wakapolres Depok ini. (Nius)