Kapolda Papua Ajak Bersatu dalam Membangun Papua yang Lebih Baik

148

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dalam rangka memperingati Kembalinya Papua Ke Pangkuan Ibu Pertiwi pada tanggal 1 Mei, Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K, menghadiri Kegiatan Silaturahmi Merah Putih dengan tema “Membangun Indonesia Dari Papua”. Acara ini digelar di Horison Hotel Kotaraja pada Rabu (1/5).

Dalam kegiatan tersebut, Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K, turut dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat dan pemuda Papua, serta para pejabat utama Polda Papua dan Asintel Kasdam XVII/Cenderawasih.

Dalam sambutannya, Ketua DPW Pemuda LIRA Papua, Steve R. Mara, S.H, M.Han, menjelaskan tentang peran Organisasi Melanesia Youth Initiative Forum (MYIF) dalam pembangunan Papua. Dia mengungkapkan bahwa MYIF, yang terbentuk pada September 2022, telah aktif dalam melakukan berbagai kegiatan untuk mengangkat isu-isu pembangunan Papua, termasuk kunjungan ke negara-negara Pasifik lainnya.

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K, menambahkan bahwa pembangunan Papua membutuhkan kolaborasi dan kerjasama semua pihak.

“Papua adalah tanah yang memiliki kekayaan alam melimpah namun masyarakatnya masih menuju sejahtera. Pemerintah terus berkomitmen kuat untuk memdorong pemerataan pembangunan sekaligus mengurangi ketimpangan antara wilayah barat dan wilayah timur,” ujarnya.

Pemerintah telah mengambil langkah-langkah konkret, seperti status Daerah Otonomi Khusus (Otsus), untuk mempercepat pembangunan Papua. Namun, peran serta masyarakat Papua dalam mendukung kebijakan pemerintah sangatlah penting.

“Sudah waktunya kita membangun Papua. Mari kita ciptakan Papua baru yang sejahtera, aman, dan maju,” tandas Kapolda Papua.

Dengan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan pemuda Papua, diharapkan Papua dapat berkembang lebih baik dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi Indonesia.[yat]