Kapolda Papua Lantik Dua Pejabat Utama dan 9 Kapolres

Caption : Sembilan Kapolres saat menerima sumpah janji jabatan di Aula Rastra Samara Polda Papua, Senin (22/02/2021)
Caption : Sembilan Kapolres saat menerima sumpah janji jabatan di Aula Rastra Samara Polda Papua, Senin (22/02/2021)

JAYAPURA, PapuaSatu.com –  Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw, melantik dua pejabat utama Polda Papua dan sembilan Kapolres di wilayah hukum Polda Papua dengan mendapat promosi jabatan.

Dua Pejabat Utama Polda Papua yang dilantik yakni Dir Tahti Polda Papua dan Ka Setum Polda Papua, sedangkan sembilan Kapolres yakni, Kapolres Pegunungan Bintang, Kapolres Kepupaluan Yapen, Kapolres Mappi, Kapolres Nduga, Kapolres Supiori, Kapolres Puncak, Kapolres Yalimo, Kapolres Deiyai dan Kapolres Intan Jaya.

AKBP Cosmos Jeujanan yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Mappi akan menduduki Jabatan Baru sebagai Dir Tahti Polda Papua dan akan digantikan dengan oleh AKBP Damianus Dedy Susanto, SH., S.IK., MH sebelumnya menjabat Kasubditgakkum Dit Lantas Polda Papua.

AKBP Penri Erison, S.Pd., M.M, yang sebelumnya menjabat sebagai PS. Kabagpsi Bagpsi Ro SDM Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Ka Setum Polda Papua.

AKBP Abdullah Wakhid Prio Utomo, S.I.K yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Kepulauan Yapen akan menduduki jabatan baru sebagai Kabagwassidik Dit Reskrimum Polda Papua dan akan digantikan oleh AKBP Ferdyan Indra Fahmi, S.IK yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Pegunungan Bintang.

AKBP Cahyo Sukarnito, S.I.K yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit III Dit Reskrimum Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Kapolres Pegunungan Bintang.

AKBP Moh. Darodjat Daimboa yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Nduga akan menduduki jabatan baru sebagai Kapolres Supiori dan akan digantikan oleh Kompol I Komang Budiartha, S.I.K yang sebelumnya menjabat sebagai Danden Gegana Sat Brimob Polda Papua.

AKBP I Made Budi Darma, SE yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Supiori akan menduduki jabatan baru sebagai PS. Wadir Lantas Polda Papua.

AKBP Dicky Hermansyah Saragih, S.Sos yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Puncak akan menduduki jabatan baru sebagai PS. Kabag RBP Rorena Polda Papua dan akan digantikan oleh Kompol I Nyoman Punia, S.Sos yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolres Mimika.

AKBP Rahmat Kaharuddin, SH yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Yalimo akan menduduki jabatan baru sebagai Kasubdit Bhabinkamtibmas Dit Binmas Polda Papua dan akan digantikan oleh AKBP Hesman Sotarduga Napitupulu, SH., S.IK., MH yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubbid Paminal Bid Propam Polda Papua.

AKBP Bambang Budiatno, S.E yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Deiyai akan menduduki jabatan baru sebagai Gadik Madya SPN Polda Papua dan akan digantikan oleh AKBP Herizoni Saragih, S.IK yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit IV Ditreskrimum Polda Papua.

AKBP I Wayan G. Antara yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Intan Jaya akan menduduki jabatan baru sebagai Gadik Madya SPN Polda Papua dan akan digantikan oleh AKBP Sandi Sultan, S.IK yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit V Dit Intelkam Polda Polda Papua.

Kapolda Papua dalam sambutanya mengatakan, serah terima jabatan dalam suatu organisasi merupakan bagian dari mekanisme dan dinamika organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan organisasi, juga memberikan kesejahteraan personel berupa peningkatan promosi jabatan dan menyiapkan regenerasi kedepan sehingga organisasi tetap berjalan dan berkesinambungan.

Selain itu tujuan mutasi pada suatu jabatan diharapkan juga dapat mengakselerasikan pelaksanaan program kerja yang telah dirumuskan sehingga dapat berjalan efektif dan mengalami peningkatan kualitas kesatuan, baik dalam bidang pembinaan maupun operasional sehingga dapat menumbuhkan semangat pengabdian yang tinggi serta mengukir prestasi pada setiap penugasan yang semata-mata berorientasi kepada pelayanan terhadap masyarakat.

“Saya selaku pimpinan Polda Papua atas nama kesatuan dan pribadi mengucapkan terimakasih dan penghargaan selama pengabdian di Polda Papua yang telah menunjukkan kinerja yang baik serta dedikasi dan loyalitas yang tinggi. Saya yakin dengan bekal pengalaman bertugas selama di jajaran Polda Papua, saudara akan lebih sukses di tempat tugas atau jabatan yang baru,” ungkap Kapolda.

Kapolda menyebutkan,  AKBP Bambang Budiatno, S.E., M.Si., AKBP Dicky Hermansyah Saragih, S.Sos dan AKPB Damianus Dedy Susanto, S.H., S.I.K., M.H. tidak dapat hadir dalam seraha terima jabatan Kapolres dikarenakan terkendala transportasi sehingga mengikuti sertijab dengan menggunakan media zoom meeting/.

“Atas nama pribadi dan kesatuan saya ucapkan selamat kepada semua atas kepercayaan pimpinan Polri dan promosi untuk menduduki jabatan baru, saya mengharapkan agar segera beradaptasi dilingkungan kerja dan hal-hal positif yang telah dibangun selama ini oleh pejabat lama agar ditindaklanjuti dan bahkan saya harapkan dapat ditingkatkan, saya yakin dan percaya dengan bekal pengalaman dan latar belakang pendidikan yang telah saudara miliki, saudara mampu meningkatkan kinerja pada kesatuan yang akan anda pimpin,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kapolda  menekankan kepada seluruh anggota untuk mendukung 16 Program Prioritas Kapolri serta Penekanan 100 Hari Kerja Kapolri dalam melayani masyarakat serta mewujudkan Polri yang PRESISI “Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan” yang bertujuan menata kelembagaan, perubahan sistem dan metode organisasi menjadikan Sumber Daya Manusia (SDM) Polri yang unggul di Era Police 4.0. “Saya mengharapkan agar seluruh jajaran Polda Papua dapat segera mengimplementasikan dan menjabarkan program dimaksud,” harapnya.

Diketahui bahwa dinamika perkembangan situasi Kamtibmas di Provinsi Papua saat ini semakin meningkat, agar pejabat yang baru senantiasa membangun komunikasi serta kemitraan kepada seluruh Muspida di wilayah masing-masing serta Para Tokoh (Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat) dan organisasi-organisasi kemasyarakatan yang ada guna mempermudah dalam penanganan permasalahan dan penegakan hukum serta peningkatan keamanan.

“Perlu dilakukan antisipasi terhadap ancaman Kamtibmas yang terjadi beberapa waktu yang lalu di Kabupaten Intan Jaya dan Kabupaten Puncak dengan terjadinya penembakan pada masyarakat sipil, Kapolres yang baru segera adaptasi dan bangun komunikasi secara aktif dengan para tokoh masyarakat dan seluruh lapisan masyarakat,” paparnya.

Selain tantangan tugas diatas, Kapolda menuturkan bahwa saat ini masih dihadapkan pada pandemi Covid-19 yang jumlah kasusnya terus meningkat, oleh karena itu terus lakukan pendisiplinan protokol kesehatan khususnya penggunaan masker dan social distancing. Yang lainnya, perlu juga diantisipasi dibeberapa wilayah atas putusan Mahkamah Konstitusi terkait putusan sengketa Pilkada yang akan diputus dalam beberapa waktu kedepan.

Kapolda mengharapkan kepada para kapolres agar menjabarkan sesuai dengan tugas pokok masing-masing dimana menjabat, serta mampu mengantisipasi dan mengatasi segala bentuk permasalahan keamanan yang terjadi di wilayah hukum Polda Papua.

Kemudian kepada seluruh personel Polda Papua diharapkan agar senantiasa memberikan dukungan kepada pejabat yang baru, serta membangun kerjasama yang harmonis sebagaimana kerjasama yang telah ditunjukkan selama ini kepada pejabat lama untuk selanjutnya dapat diteruskan dan bahkan ditingkatkan kepada pejabat baru.

“Jadikanlah serah terima jabatan ini sebagai momentum untuk memacu dan meningkatkan kembali semangat, disiplin dan etos kerja dalam pelaksanaan tugas di Polda Papua,” pungkasnya. [redaksi]