Kapolda Papua Pimpin Upacara Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang II Tahun 2022 SPN Polda Papua

94

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K selaku Inspektur Upacara memimpin jalannya Upacara Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang II Tahun 2022 SPN Polda Papua yang bertempat di Lapangan Rastra Samara SPN Polda Papua, Senin (25/07).

Turut hadri dalam upacara tersebut Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa, S.E., Wakapolda Papua Brigjen Pol. Ramdani Hidayat, S.E., Ketua Bhayangkari Daerah Papua Ny. Eva Mathius D. Fakhiri, PJU Polda Papua serta Forkopimda terkait.

Kapolda Papua dalam sambutannya, mengucapkan selamat atas keberhasilan saudara yang telah dinyatakan lulus seleksi dan ditetapkan menjadi peserta didik pada program Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang II Tahun Anggaran 2022.

“Keberhasilan yang telah saudara raih ini, merupakan berkah dan karunia dari tuhan yang maha esa, serta hasil dari perjuangan panjang dan buah dari ketekunan, keuletan, dan kesungguhan saudara, yang juga tentunya tidak lepas dari doa dan dukungan orang tua dan keluarga. Oleh karena itu manfaatkan kesempatan ini untuk menimba ilmu dengan belajar dan berlatih secara sungguh-sungguh dan bertanggung jawab,” ucapnya.

Para peserta didik tentunya akan dihadapkan dengan berbagai rangkaian kegiatan pendidikan dan latihan yang cukup berat serta melelahkan, namun dengan tekad yang kuat saya meyakini, bahwa kalian akan dapat mengikuti dan menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan pendidikan ini dengan baik.

“Program pendidikan Pembentukan Bintara Polri pada tahun Anggaran 2022 diselenggarakan dalam 2 (dua) gelombang dengan lama pendidikan setiap gelombang selama 5 (lima) bulan. Adapun gelombang II yang dibuka pada hari ini, diselenggarakan secara serentak di Sepolwan, Pusdik Brimob dan Pusdik Polair Lemdiklat Polri serta di 31 Sekolah Polisi Negara Polda dengan jumlah peserta didik sebanyak 10.502 orang yang terdiri dari diktuk bintara pria sebanyak 10.002 orang dan diktuk bintara wanita sebanyak 500 orang,” jelas Kapolda.

Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan beberapa penekanan kepada para siswa untuk dipedomani dan dilaksanakan yang pertama Tingkatkan terus keimanan dan ketaqwaan terhadap tuhan yang maha esa, selalu disiplin dan patuhi protokol kesehatan, ikuti semua proses pendidikan dengan tekun, persiapkan fisik dan mental selama mengikuti pendidikan serta bangun komunikasi yang interaktif dan konstruktif antar sesama peserta didik, dengan pendidik, pelatih, pengasuh dan seluruh unsur pelaksana pendidikan.

“Kepada para siswa sekalian, selamat menempuh pendidikan. Selamat belajar dan berlatih. Kepada Kasepolwan, Kapusdik Brimob dan Kapusdik Polair Lemdiklat Polri, serta para Ka SPN Polda jajaran beserta segenap tenaga pendidik, instruktur dan pengasuh, saya ucapkan terima kasih atas dedikasi dan pengabdian yang diberikan. Saya titipkan para siswa calon bintara polri ini untuk dilatih, dibimbing, dan dididik serta dibina sebaik-baiknya,” ungkap Kapolda Papua.

Kapolda menekankan agar senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19 dengan seksama dan ketat. Jangan lengah dan jangan kendor mengingat pendidikan ini dilaksanakan masih dalam situasi pandemi covid-19.

“Siswa yang menajalani pendidikan di SPN Polda Papua terdiri dari Polda Papua 243 siswa, Labfor 2 siswa, Nakes 5 siswa, Polair 2 siswa, TI 3 siswa dan Rekpro 9 siswa. Sedangkan Polda Papua Barat terdiri dari terdiri dari PTU 187 siswa, TI 3 siswa, Nakes 2 siswa, Labfor 1 siswa dan Rekpro 4 siswa,” ujarnya. tandas Kapolda Papua Irjen Pol Fakhiri. [redaksi]