Kapolda : Presiden Ingin Kelompok Milenial Tidak Jadi Korban Kecelakaan Fatal

0
399
Puluha ribu milenial saat mengikuti Milenial Road Safety Festival di halaman Kantor GUbernur Papua, Sabtu (2/3/2019)

JAYAPURA, PapuaSatu.com –  Tujual digelarnya Milenial Road Safety Festifal yang merupakan instruksi Presiden Jookowi melalui Kapolri Jenderal Tito Karnavian, tidak lain adalah agar kaum milenial yang merupakan generasi muda penerus bangsa tidak lagi jadi korban sis-sia di jalan.

Dalam hal ini, jatuhnya korban kecelakaan fatal di jalan raya yang 60 persen adalah para kaum milenial (kaum muda), dapat ditekan seminimal mungkin.

“Karena millenial adalah penerus bangsa dibawah pundak kalian bangsa ini ditentukan oleh karena itu penyuluhan keselamatan lalu lintas perlu dan hari ini kita laksanakan millenial road safety festival,”  ungkap Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin,M.Si  dalam sambutannya pada pembukaan Milenial Road Safety Festifal yang diikuti sekitar 75 ribu peserta di halaman Kantor Gubernur Papua, Dok II, Kota Jayapura, Sabtu (2/3/2019).

Pada iven yang dibuka dengan jalan santai oleh Menteri Pemberdayaan Anak dan Perempuan, Yohanan Yembise, berlangsung cukup spektakuler.

Selain puluhan ribu peserta yang dating dari Kabupaten/Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom, dalam jalan santai tersebut diwarnai pembentangan bendera 1500 meter, dan diikuti berbagai penampilan atraksi ataupun tarian berbagai adat budaya local maupun nasional.

“Puji syukur hari ini seluruh warga Millenial yang berada di Kota Jayapura,  Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom yang memiliki usia produktif yaitu mulai dari Usia 16 sampai 35 Tahun hadir untuk meramaikan acara ini,” ujar Kapolda.

Menteri Yohana Yembise didamping Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin saat membukan Milenial Road Safety Festival di halaman Kantor Gubernur Papua, Dok II, Kota Jayapura, Sabtu (2/3/2019)

Mobilitas yang cepat, kata Kapolda, bisa berdampak positif dan ataupun berdampak buruk. Dan apabila tidak dimanfaatkan dengan baik bisa menimbulkan kecelakaan.

Kata Kapolda, data kecekaan secara nasional dalam satu tahun, korban meninggal dunia  mencapai 2,1 juta jiwa.

Dan di provinsi Papua sekitar lebih 300 ribu meningeal, yang mana 60 persen korbannya adalah kelompok millennial.

“Mereka lupa karena jiwa muda sehingga mereka tertantang. Oleh karena itu PBB membuat acara bagaimana agar meminimalkan kecelakaan. Oleh karena itu hari ini sebagai instruksi presiden agar melaksanakan Millenial Road Safety Festival,” ujar Kapolda.

Hal itu dengan harapan kedepannya para kaummilenial tidak lagi banyak yang menjadi korban kecelakaan fatal.

Kata Kapolda pada acara yang juga menampilkan sejumlah artis dari Jakarta, seperti Duo Serigala dan Siti Badriah, hal utama agar terhindar dari kecelakaan fatal adalah dengan menjauhi miras.

“Sadarlah bahwasanya bukan kita saja yang menggunakan jalan lalu lintas, akan tetapi seluruh masyarakat,” imbau Kapolda.

Gubernur Papua diwakili staf ahlinya,  Ny. Ani Rumbiak, dalam sambutannya menyampaikan bahwa emerintah provinsi Papua siap menyukseskan dalam rangkaian Millenial Road Safety Festival.

“Diiharapkan dengan kegiatan ini angka kecelakaan yang terjadi di Papua bisa dicegah yang mana sebanyak 35 ribu telah menjadi korban kecelakaan terutama dialami oleh para pemuda millennial,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan pengucapan Deklarasi dan penandatanganan kesepakatan untuk Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas.

Tak kalah menariknya, adalah penyelenggara juga menyiapkan doorprize dengan hadiah utama sepeda motor, dan berbagai hadiah menarik lainnya.[yat]