Kapolresta Akui Ada Kelalaian Angota Jaga Yang Sebabkan 14 Tahanan Kabur

Rumah Tahanan Polresta Jayapura Kota (inset : Kapolresta Jayapura Kota, AKBP Gustaf R. Urbinas)
Rumah Tahanan Polresta Jayapura Kota (inset : Kapolresta Jayapura Kota, AKBP Gustaf R. Urbinas)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – 14 tahanan dilaporkan kabur dari Rumah Tahanan (Rutan) Polresta Jayapura Pada Selasa (17/11/20) dini hari dengan mencongkel kaca lantai dua Rutan, dan setelah menuruni tangga langsung kabur melewati pintu gerbang Mapolresta Jayapura Kota.

Ke-14 tahanan berhasil kabur karena petugas jaga sedang bergabung dengan anggota jaga bagian depan. Sementara personil yang jaga bagian depan bersama piket jaga SPK sedang keluar untuk menangani perkara yang sedang terjadi.

14 tahanan yang kabur, adalah tiga orang tahanan Satres Narkoba, tiga orang tahanan Satreskrim,  dan selebihnya (8 orang) adalah tahanan titipan jaksa.

“Kita dari kemarin sudah membentuk tim untuk melakukan pencarian dan pengejaran untuk memaksimalkan upaya pencarian,” ungkap Kapolresta Jayapura Kota kepada wartawan di ruang Humas Polres Jayapura Kota, Rabu (18/11/20).

Dalam kasus kaburnya 14 tahanan tersebut, Kapolresta mengakui adalah karena kelalian anggota yang sedang piket jaga, karena tidak melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Tanggungjawab anggota untuk melaksanakan tugasnya rendah, dimana ada ruang kosong yang dimanfaatkan para tahanan untuk kabur,” ujarnya.

30 anggota, yakni piket jaga tahanan, piket jaga mako, piket SPK, dan gabungan piket fungsi.

“Kita sudah melakukan pemeriksaan 13 orang kemarin, dan hari ini 17 orang,” jelasnya.

“Dan sekarang saya wajibkan mereka membantu Tim Opsnal dan Timsus untuk sama-sama melakukan pengejaran dan pencarian,” tegas Kapolresta.

Mengenai kondiri ruang tahanan sendiri, diakui ruang tempat kabur adalah ruang lantai dua yang sebelumnya dipakai untuk tahanan wanita.

Karena padatnya tahanan, yakni sekitar 90 orang, dan sementara daya tampungnya hanya sekitar 50 hingga 60 orang, ditambah dengan situasi Covid, sehingga ruang tersebut dipakai untuk tahanan pria untuk mengurai kepadatan ruang tahanan.[yat]