Kemen Kominfo Diharap Dirikan Media Center Di Iven Pesta Budaya Nusantara

JAKARTA, PapuaSatu.com – Dalam mendukung suksesnya iven pesta budaya nusantara yang akan digelar di Kabupaten Jayapura pada Oktober 2022 mendatang, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI diharap bisa mendirikan media center.

Harapan tersebut disamaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadiskominfo) Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon dalam kesempatan melakukan kunjungan ke Kementerian Kominfo RI, Jumat (17/6/22).

“Kolaborasi Kominfo dengan beberapa media baik nasional maupun asing juga tentu akan turut membantu menyuarakan pesta akbar ini,” ungkap Gustaf.

Selain itu, sarana-sarana komunikasi yang dimiliki Kominfo diharapkan bisa terlibat dalam mendiseminaikan informasi terkait pesta budaya tersebut.

Sementara, untuk Konggres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) Ke-VI, ungkap Gustaf, merupakan ajang pertemuan antara masyarakat adat di seluruh Indonesia yang akan membahas berbagai persoalan, seperti pelestarian lingkungan, dan banyak hal lainnya.

“Ini akan menjadi momentum tersendiri yang akan memperlihatkan kekayaan dan kekuatan masyarakat adat nusantara untuk turut terlibat dalam pembangunan. Sementara festival Danau Sentani, tentu akan mendorong kemajuan budaya dan wisata di Papua,” kata Gustaf.

Ketiga kegiatan di Bumi Cendrawasih tersebut dikatakan Gustaf menjadi momentum besar berskala nasional, dan bakan internasional.

Karena dipastikan juga akan dihadiri utusan masyarakat adat dari seluruh daerah di Indonesia.

Konggres Aman yang rencananya akan digelar selama satu minggu (24-30 Oktober 2022) akan dihadiri oleh sekitar 5.000 peserta termasuk masyarakat adat dari luar negeri.

“Suksesnya PON, kemudian disusul Peparnas yang juga diadakan di tanah Papua, telah menjadi bukti bahwa kami mampu menggelar event besar dengan sukses,” tegas Kadis Kominfo Kabupaten Jayapura.

Yang menjadi istimewa dari kegiatan ini adalah peserta akan diajak tinggal di perkampungan warga.

Tujuannya jelas, peserta akan bisa merasakan kehangatan dan keramahan masyarakat, dan ini adalah sebuah kekuatan bangsa Indonesia.[yat]