Kementerian Perhubungan Pusat Akan Beri Subsidi Biaya Transportasi Peserta KMAN Ke-VI

26
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura, Alfons Awoitauw,SIP,M.KP
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura, Alfons Awoitauw,SIP,M.KP

SENTANI, PapuaSatu.com – Dalam mempermudah transportasi para peserta Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) Ke-VI 2022 yang dipusatkan di Kabupaten Jayapura, Panitia KMAN mendapat dukungan dari Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Perhubungan.

Hal itu sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura, Alfons Awoitauw,SIP,M.KP bahwa hingga saat ini baru bidang transportasi yang melakukan komunikasi langsung dengan pemerintah pusat.

“Pak Bupati selaku Ketua Umum KMAN Ke-VI yang langsung pimpin delegasi untuk membicarakan bagaimana dukungan Kementerian Perhubungan terkait peserta, moda transportasi dan pergerakan peserta,” ungkapnya kepada awak media di Sentani, Rabu (7/9/22).

Dikatakan, untuk kemudahan peserta KMAN Ke-VI dalam hal transportasi, akan diberikan subsidi tiket perjalanan dari daerah masing-masing menuju Sentani.

“Subsidi akan diberikan di tiga matra, yaitu udara, laut dan darat,” tuturnya.

Karena itu, pihaknya sedang menginventarisir data peserta KMAN Ke-VI dari semua daerah, untuk dilaporkan ke Kementerian Perhubungan Pusat.

“Untuk kita list-kan dan kirim ke Kementerian Perhubungan untuk pengaturan terkait kebutuhan sara transportasinya,” jelasnya.

Dikatakan, diperkirakan ada 5400 peserta kongres yang akan mendapatkan subsidi dari Kementerian Perhubungan untuk semua maskapai udara.

“Terkait subsidi tidak ada soal, hanya masalah data,” tandasnya.[yat]