Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Buka O2SN 2024 Tingkat Provinsi Papua

441
Kadisdik Provinsi Papua, Terry Wanena, S.Pd, M.Pd, dan panitia saat berfoto bersama peserta O2SN perwakilan Kota Jayapura
Kadisdik Provinsi Papua, Terry Wanena, S.Pd, M.Pd, dan panitia saat berfoto bersama peserta O2SN perwakilan Kota Jayapura

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tahun 2024 tingkat Provinsi Papua resmi dibuka Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Terry Wanena, S.Pd, M.Pd, di Hotel Horison Padang Bulan, Abepura, Kota Jayapura, Senin (3/6/24.

O2SN Papua yang melombakan enam cabang olahraga tersebut diikuti 155 peserta lomba dari enam Kabupaten/Kota, Yaitu Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Supiori dan Kota Jayapura.

Terry Wanena saat ditemui usai membuka O2SN mengungkapkan bahwa O2SN 2024 Provinsi Papua tersebut untuk menjaring peserta terbaik yang akan mewakili Provinsi Papua di O2SN 2024 Tingkat Nasional.

“Anak-anak didik ini selama ini dilatih di sekolah-sekolah, yang kemudian diseleksi di kabupaten kota. Selanjutnya kemampuan mereka seperti apa, itu yang kita mau ukur yang kemudian akan membawa nama Papua di tingkat nasional,” harapnya.

Pengalungan kartu tanda peserta oleh Kadisdik Provinsi Papua, Terry Wanena, S.Pd, M.Pd.
Pengalungan kartu tanda peserta oleh Kadisdik Provinsi Papua, Terry Wanena, S.Pd, M.Pd.

Yulianus Kuwayo, Kabid Mutu dan Layanan Pendidikan, Dinas Pendidikan Provinsi Papua, mengungkapkan bahwa O2SN tersebut merupakan agenda setiap tahun, dan untuk Tahun 2024 ini ada 5 cabang olahraga (Cabor) yang dilombakan untuk semua jenjang pendidikan.

Lomba tersebut diikuti peserta tingkat SD/MI, SMP/Tsanawiyah, SMU/Aliyah dan SMK.

“Kami di tingkat provinsi ini mengikutkan yang sudah di SK-kan oleh kabupaten/kota saja,” ungkapnya.

O2SN tersebut, tujuan utamanya buka prestasi olahraga, namun lebih pada memberi aktifitas positif bagi para siswa.

“Harapannya, kita bisa mengatasi kenakalan remaja, lalu mereka kesibukannya lebih banyak kegiatan-kegiatan positif,” ujarnya.

Aronggear mengungkapkan bahwa pelaksanaan O2SN Papua diagendakan berlangsung tiga hari (3-5 Juni 2024.

Ia berharap agar kontingen O2SN Papua bisa meraih prestasi lebih baik dibanding tahun lalu.

Tahun lalu kita memperoleh satu medali perunggu di Cabor bulu tangkis putri tingkat SMA, dan perunggu juga untuk kategori kata di cabor karate.

“Jadi kita berharap tahun ini kita bisa membawa lebih banyak medali dari Provinsi Papua,” harapnya.[yat]