Kesuksesan PON XX Papua 2021 Jadi Role Model Dalam Penyelenggaraan Iven Besar di Masa Pandemi

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw

SENTANI, PapuaSatu.com – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,SE,M.Si menyatakan rasa bangganya atas kesuksesan dalam penyelenggaraan PON XX di Papua.

Hal itu, selain sukses dari penyelenggaraan iven yang melibatkan sekitar 10 ribu lebih atlet dan official serta pengunjung lainnya, juga sukses mengatasi kesulitan pelaksanaannya di masa pandemi Covid-19.

“Ini menjadi role model penanganan pandemi Covid-19 di penyelenggaraan iven tingkat nasional maupun tingkat internasional,” ungkapnya kepada wartawan di Kantor Bupati Jayapura, Senin (18/10/21).

Saat menutup PON XX di Stadium Lukas Enembe Kampung Harapan, Jumat (15/10/21) malam, Wakil Presiden, Ma’ruf Amin pun menyatakan bahwa, akibat andemi Covid-19, menjadikan pelaksanaan PON XX merupakan yang tersulit diselenggarakan.

Untuk diketahui, bahwa dalam rangka pencegahan penularan virus Covid-19 di dalam penyelenggaraan PON, ada berbagai upaya ditempuh pemerintah dan panitia serta berbagai stakeholder lainnya.

Salah satunya adalah untuk seluruh panitia, atlet, official, wartawan dan tenaga pendukung (relawan, UMKM, warga di sekitar venue dan lain-lain) harus dilakukan vaksinasi Covid-19.

Dan bagi yang tidak bisa vaksinasi karena alasan medis, diwajibkan untuk tes antigen ataupun tes Policemari C Reaction (PCR).

Dan bila didapati gejala ataupun tidak bergejala namun terdeteksi ada virus Covid-19 di tubuhnya, maka langsung diarahkan untuk isolasi, baik itu di rumah sakit ataupun tempat isolasi lain yang disiapkan pemerintah, serta isolasi mandiri dengan pengawasan ketat tenaga medis.

Dan untuk penonton, selain ada pembatasan jumlah penonton, yaitu 25 persen dari total kapasitas venue/stadion pelaksanaan pertandingan, juga diatur jarak antar penonton yang diberi batas menggunakan tali.[yat]