KMAN, Agenda FDS dan HUT 9 Tahun KMA Ditangani Satu Panitia

28
Mathius Awoitauw,SE,M.Si

SENTANI, PapuaSatu.com – Iven nasional Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) Ke-VI tidak lama lagi digelar, dan dipusatkan di Kabupaten Jayapura.

Bersamaan dengan kongres tersebut, juga digelar Festival Danau Sentani (FDS) dan Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kebangkitan Masyarakat Adat (KMA) ke-9.

Tiga agenda besar tersebut dilaksanakan dengan satu kepanitiaan, yaitu Panitia KMAN Ke-VI yang dipimpin Mathius Awoitauw,SE,M.Si selaku ketua umum.

“Kepanitiaan hanya satu saja. Kita tidak sebut panitia-panitia ini, panitia itu, satu saja,” ungkap Mathius Awoitau kepada wartawan di Sentani, Sabtu (6/8/22).

Kerja panitia ang dipimpin Mathius Awoitauw,SE,M.Si sebagai ketua umum iven nasional tersebut, dibantu panitia lokal yang dipimpin Timotius Demetouw.

“FDS otomatis sudah di dalam SDM itu, salah satu contoh saja, mengantar peserta ke kampung-kampung tempat digelar sarasehan, itu diantar dengan tari-tarian. Terus di sana sudah ada yang menjemput dengan taria-tarian. Itu sudah festival,” jelas Mathius Awoitauw yang juga Bupati Jayapura dua periode tersebut.

Hal sama juga akan dilakukan di dua lokasi sarasehan yang ada di Kota Jayapura, yaitu di Pulau Metu Deby, Kampung Enggros, dan di Kampung Kayo Pulau.

“Bukan di sini saja saja, tapi di Kota Jayapura juga begitu,” jelasnya lagi.[yat]