KMAN Ke-VI di Kabupaten Jayapura Dipastikan Berlangsung Semarak

36
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,SE,M.Si
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,SE,M.Si

SENTANI, PapuaSatu.com – Sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan panitia, pelaksanaan Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke-VI yang dipusatkan di tanah Tabi, tepatnya di Kota/Kabupaten Jayapura, akan berlangsung semarak.

Hal itu, karena penyelenggaraan FDS akan dibarengi dengan berbagai acara terkait dengan Festival Danau Sentani dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-9 Kebangkitan Masyarakat Adat Kabupaten Jayapura.

“Ini karena kita satukan dengan 9 tahun Kebangkitan Masyarakat Adat Kabupaten Jayapura, kita satukan dengan Festival Danau Sentani juga,” ungkap Ketua Panitia KMAN Ke-VI, Mathius Awoitauw,SE,M.Si kepada wartawan di Sentani, Sabtu (6/8/22).

Dikatakan, dalam suasana kongres, akan ada pameran kerajinan, budaya, kuliner asli dari semua wilayah adat.

“Kemudian ada panggung seni, musik dan tari-tarian yang juga dari semua wilayah adat Papua, Papua Barat tapi juga seluruh nusantara,” lanjutnya.

Pihak panitia pun telah menjalin komunikasi dengan Pemuda Papua Kreatif untuk turut menyemarakkan tiga iven tersebut.

“Kita minta pemuda Papua kreatif, baik di Kenambay Kreatif maupun Numbay Kreatif supaya kalian bikin satu konsep untuk tampilkan bagaimana pemuda Papua ini bisa tunjukkan bahwa kami juga bisa,” ujar Matius Awoitauw yang juga Bupati Jayapura dua periode tersebut.

Penampilan seni musik, tari dan budaya dari Papua, nantinya akan dikolaborasikan dengan pemuda nusantara yang lain.

“Acara-acara itu yang kita membutuhkan kerja-kerja keras oleh panitia lokal,” ujarnya lagi.[yat]