Kodam XVII/Cenderawasih Semarakkan Hari Sumpah Pemuda Ke-94 Di Bawah Laut

21

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-94 Tahun 2022 Kodam XVII/Cenderawasih turut menyukseskan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di bawah laut yang diwakili oleh PA LO AL Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Laut (T) Awan Sudiro, S.T., M.M, bertempat di bawah laut Tanjung Kayu Batu, Jayapura, Papua, dipimpin oleh Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo, Jumat (28/10/2022).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. dalam keterangannya.

Kapendam XVII/Cenderawasih mengatakan bahwa kegiatan pengibaran bendera dari dasar laut ini diikuti oleh TNI-Polri, Club penyelam dan para peserta upacara dari instansi-instansi.

“Pengibaran bendera di pimpin langsung oleh Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Bapak John Wempi Wetipo. Diawali dari Dermaga Ditpolairud Polda Papua. Lalu menuju Tanjung Kayu Batu untuk membentangkan Bendera Merah Putih di bawah laut”, kata Kapendam.

“Upacara tersebut diikuti 63 peserta yang membawa perlengkapan selam, tabung oksigen, dan peralatan lainnya”, tambahnya.

Dalam sambutan Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Bapak John Wempi Wetipo menyampaikan bahwa sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda waktu itu telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan.

“Peran pemuda sebagai pelopor dalam membangun visi kebangsaan melalui Sumpah Pemuda 1928 telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda juga telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa”, jelas Wamendagri.

“Peringatan Hari Sumpah Pemuda memiliki arti penting, sebab di balik adanya ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu bebarengan dengan adanya cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia.”

Tema “Bersatu Bangun Bangsa” yang diusung pada Hari Sumpah Pemuda kali ini dinilai memberikan pesan mendalam bahwa persatuan merupakan harga mati yang harus terus diperkuat untuk membangun ketangguhan.

“Inilah yang menjadi tekad kita untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan mewujudkan cita-cita pada saat ini dan sepanjang masa”, tambah Wamendagri.

“Semangat untuk selalu bersungguh-sungguh membangun Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur secara dinamis sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah.”

“Pemuda saat ini merupakan tokoh-tokoh yang akan berperan di masa mendatang. Kiprah yang dilakukan saat ini diyakini bakal menjadi penentu kemajuan Indonesia di masa yang akan datang.”

“Karena itulah, pemuda saat ini perlu menjadikan nilai persatuan di atas segalanya. Tak hanya itu, keberagaman juga perlu dipandang sebagai anugerah berharga untuk menjadi kekuatan luar biasa menggapai kejayaan Indonesia.”

“Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi besar Indonesia Emas 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa”, jelas Wamendagri.

Usai membacakan sambutan itu, Wempi bersama peserta upacara langsung menuju Tanjung Kayu Batu. Di sana mereka mengibarkan Bendera Merah Putih di bawah laut.

Hadiri dalam upacara tersebut oleh Wakapolda Papua beserta jajaran, Danlantamal X, Direktur Bank Papua, Asisten Bidang Umum Setda Papua, Direktur Polairud Polda Papua, dan Aslog Lantamal X, Danyon Marhanlan X, dan Pembantu Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Cenderawasih Papua.[redaksi]