Kominfo Siap Dukung Suksesnya Tiga Gelaran Budaya Nusantara Terbesar di Tanah Papua

JAKARTA, PapuaSatu.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan kesiapannya dalam mendukung pesta budaya nusantara di tanah Papua, yakni Festival Danau Sentani (FDS) di Kabupaten Jayapura yang rancannya akan digelar pada Oktober 2022.

Hal itu sebagaimana penegasan Direktur Informasi Komunikasi Politik, Hukum dan Keamanan, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kominfo RI, Bambang Gunawan, saat menerima audiensi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon, di Jakarta, Jumat (17/6/2022).

“Hari ini kami menerima kunjungan Pemerintah Kabupaten Jayapura yang dipimpin Kadis Kominfo. Intinya, Kabupaten Jayapura dalam beberapa waktu ke depan akan menggelar kegiatan budaya nasional, Festival Danau Sentani. Dan kami tentu akan memberikan dukungan terselenggaranya kegiatan tersebut,” ujar Bambang.

Masih dalam rangkaian FDS, juga akan digelar Konggres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) dan HUT Kebangkitan Masyarakat Adat Kabupaten Jayapura ke-9.

Konggres Aman adalah sebuah perhelatan budaya yang akan mempertemukan seluruh masyarakat adat di Indonesia. Bahkan menurut rencana juga akan dihadiri masyarakat adat dari negara lain.

“Kami dari Kementerian Kominfo, sesuai dengan tugas dan fungsinya akan mendukung dan turut menyukseskan rangkaian kegiatan tersebut dengan memanfaatkan semua fasilitas kanal informasi yang dimiliki,” kata Bambang.

Kominfo dikatakan Bambang akan memastikan jaringan komunikasi dan infrastruktur selama kegiatan tersebut, berlangsung dengan baik.

Menanggapi dukungan Kominfo ini, Kadis Kominfo Jayapura, Gustaf Griapon menyampaikan ucapan terima kasihnya dan berharap masyarakat Indonesia pun turut memberikan dukungannya.

“Secara khusus kami memang meminta dukungan Kominfo Pusat karena tentu penyebarluasan informasi kegiatan-kegiatan yang akan berlangsung akan menjadi ranah Kominfo,” katanya.[yat]