Komisi V DPRP Papua Lakukan Kunjungan Monitoring Persiapan PON Di Kabupaten Mimika

0
206

MIMIKA, PapuaSatu.com – Tim Panitia Kerja (panja) Komisi V DPRP Papua melakukan kunjungan monitoring persiapan PON XX tahun 2020 di Kabupaten Mimika.

Ketua Komisi V DPRP Papua, Timiles Yikwa, SE mengatakan pihaknya telah membentuk panitia kerja PON XX dan melakukan kunjungan kerja ke dua cluster penyelenggaraan PON yakni Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

“Ya. Dan hasil dari  kunjungan kerja ini selanjutnya akan menjadi evaluasi dewan terhadap progress kerja PB PON XX dalam menyiapkan penyelenggaraan PON XX di Provinsi Papua,” ujarnya saat timnya melakukan pertemuan bersama Bupati Mimika di Hotel Gramd Mozza Timika, Kamis (20/2/20).

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng, SE selaku ketua Sub PB PON Cluster Mimika didampingi oleh Sekretaris KONI Kabupaten Mimika, Cessar Tunya, menjelaskan bahwa pihaknya sangat siap dalam penyelenggaraan PON XX tahun 2020 di Kabupaten Mimika.

“Dari 12 cabang  olahraga yang dipertandingkan di Kabupaten Mimika, 90 persen venuenya telah selesai dibangun maupun direnovasi, selebihnya hanya tinggal finishing saja,” jelasnya.

Bupati   Omaleng berharap, agar bidang-bidang yang sepenuhnya menjadi tanggungjawab Sub PB PON Mimika seperti bidang konsumsi, transportasi serta akomodasi, anggarannya dapat segera dikucurkan oleh PB PON XX di Provinsi kepada Sub PB PON Cluster Mimika.

“Anggaran tersebut diantaranya tentu akan digunakan untuk DP (Down Payment) dengan pengelola, seperti PT Pangan Sari untuk konsumsi atlet dan official, serta hotel-hotel yang nantinya akan menjadi tempat menginap para atlet, official dan penyelenggara pertandingan,” terangnya.

Usai pertemuan, Bupati Omaleng mengajak tim panja komisi V DPRP untuk mengunjungi venue-venue cabang olahraga di kota Mimika.

“Pembangunan venue-venue cabor PON XX di Kabupaten Mimika, selain GOR Futsal yang dibiayai oleh APBD Provinsi serta Mimika Sport Center yang dibangun oleh PT Freeport Indonesia, venue  cabor lain seperti  Aeromodelling, Panjat Tebing, Tarung Derajat, Billiard serta Judo menjadi tanggungan APBD Kabupaten Mimika. Dan venue-venue tersebut dibangun dengan standar internasional,” bebernya.

Selain itu, Bupati juga mengajak kunjungi areal yang kini sedang dipersiapkan  untuk   menjadi lokasi Pembangunan Stadion Sepakbola berstandar internasional di Timika. “Stadion yang pembiayaannya bernilai 1,8 triliun ini akan menjadi sport center yang berkapasitas 35  ribu  kursi dan menjadi salah satu stadion yang termegah dan tercanggih di Indonesia,” paparnya.

Sementara itu, Jack Komboy selaku anggota tim panja dan juga wakil Ketua Komisi V DPRP Papua selain mengapresiasi visi olahraga Bupati Omaleng, ia juga mengingatkan agar kualitas dari para atlet ditingkatkan.

“Jangan hanya Stadion   yang   megah dan canggih, namun berbanding terbalik dengan prestasi olahraganya Saya harap setidaknya saat stadion  megah   tersebut selesai terbangun, tim sepakbola Persemi Mimika juga sudah promosi ke Liga 1, sehingga kemudian dapat stadion tersebut dapat digunakan untuk event Liga Nasional,” tandasnya.

Mengakhiri kunjungan di spot terakhir yaitu Terminal Baru Bandara Moses Kilangin Timika, Timiles Yikwa, SE didampingi oleh  anggota Tim Panja diantaranya  Jack Komboy, Decky   Nawipa, Arkelas  Asso dan Namantus Gwijangge serta Staf Ahli Yohannes  Fajar I. Kambon  dan staf ASN Yes Komba, mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi langkah  sigap  Sub PB  PON XX Mimika dalam  mempersiapkan penyelenggaraan PON XX di Kabupaten Mimika.

“Beragam hal mulai dari kebutuhan anggaran untuk Sub PB  PON Cluster Mimika, maupun temuan lain akan kami komunikasikan kepada stakeholder terkait, sekaligus pula menjadi bahan evaluasi Komisi V DPR Papua terhadap persiapan penyelenggaraan PON XX di Provinsi Papua. Dalam waktu  dekat, kami akan segera mengundang PB PON XX untuk menyampaikan progress report-nya ke Komisi V DPR Papua,” tukasnya. [ayu]