Komitmen Implementasikan ESG, Astra Motor Papua Gelar Pembersihan Sampah dan Penanaman Bibit Bakau

95
Penyerahan bibit pohon bakau untuk ditanam di kawasan Cagar Alam Teluk Youtefa
Penyerahan bibit pohon bakau untuk ditanam di kawasan Cagar Alam Teluk Youtefa

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Tidak hanya memasarkan produk sepeda motor listrik dalam upaya netralitas karbon, PT Astra Motor Papua juga mewujudkan komitmen dalam mendukung implementasi Environmental, Social, and Governance (ESG) yang baik.

Salah satunya melalui kegiatan pembersihan lingkungan dan penanaman bibit pohon bakau oleh manajemen dan karyawan Astra Motor Papua sebagai implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitar.

Persiapan tim Astra Motor Papua dan komunitas peduli lingkungan untuk penanaman bibit pohon bakau di kawasan Cagar Alam Teluk Youtefa
Persiapan tim Astra Motor Papua dan komunitas peduli lingkungan untuk penanaman bibit pohon bakau di kawasan Cagar Alam Teluk Youtefa

Kabag Administration Departement Head (ADH) Astra Motor Papua, Bagas Fensanarko yang memimpin pelaksanaan peduli lingkungan tersebut mengungkapkan bahwa kegiatan pembersihan lingkungan dilaksanakan dengan membersihkan sampah, terutama sampah plastik dan botol kaca atau pecahannya di Pantai Holtekamp, Distrik Muara Tami, Kotamadya Jayapura, Papua, Sabtu (29/6/24) pagi.

“Hari ini memang kita agendanya ada dua, yang pertama pembersihan pantai yang kita lakukan di Pantai Holtekamp mulai pukul 07.00 WIT,” ungkapnya kepada wartawan di Hamadi, Kota Jayapura, Sabtu (30/06/24).

Sekitar 30 orang turut dalam aksi pembersihan lingkungan tersebut, baik dari manajemen dan karyawan Astra Motor Papua maupun para pecinta lingkungan.

Dikatakan, fokus pembersihan sampah di kawasan wisata tersebut adalah untuk pembersihan sampah plastik dan botol atau pecahan kaca.

Yang kedua, di siang harinya sekitar pukul 13.00 degan peserta yang sama melakukan penanaman 200 bibit pohon bakau di kawasan Cagar Alam Teluk Youtefa, Kota Jayapura.

Bagas mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut menjadi agenda rutin dalam program CSR Astra Motor Papua.

“Dalam satu tahun itu kita sudah ada beberapa plan CSR, nah salah satunya hari ini, pembersihan pantai sama penanaman bibit bakau,” jelasnya.

Ini bentuk komitmen Astra Motor terhadap ESG (environment, social and governance)

Dengan aksi tersebut, diharapkan agar image Astra Motor Papua di masyarakat dapat tetap baik.

“Karena kita di sini sama-sama tinggal di Papua, sehingga Astra tidak hanya bisnis saja yang kita pikirkan,” ujar Bagas.

Dalam hal ini, Astra Motor Papua juga menginginkan agar dapat bersama-sama masyarakat untuk terus maju, dan lingkungan juga tetap terjaga.

Sebagai implementasi ESG, selain pembersihan lingkungan dan penanaman bibit bakau, untuk peduli sosial Astra Motor Papua juga teah menggelar donor darah.

Dan aksi pembersihan sampah akan diagendakan untuk dilaksanakan secara rutin. “Cuma kita belum tetapin jadwal berikutnya,” jelas Bagas.

Menurutnya, Astra Motor Papua terbuka untuk organisasi ataupun komunitas masyarakat yang lainnya untuk bersama-sama dalam aksi peduli lingkungan ataupun program-program implementasi ESG tersebut.[yat]