Korban Tenggelam di Dermaga II Pelabuhan Laut Jayapura Akhirnya Ditemukan

0
544
Caption : Anggota gabungan KPL Jayapura dan Polairud Kota Jayapura saat mengevakuasi korban tenggela, di pelabunan Laut Jayapura.
Caption : Anggota gabungan KPL Jayapura dan Polairud Kota Jayapura saat mengevakuasi korban tenggela, di pelabunan Laut Jayapura.

JAYAPURA, PapuaSatu.com –  Setelah sempat dikabarkan tenggelam pada hari Sabtu tanggal 2 Maret 2018 pukul 10.10 wit, seorang pria  bernama La Saleh (50), akhirnya ditemukan di Dermaga II Pelabuhan Laut Jayapura Kota Jayapura Papua, Minggu (03/03/2019) pagi.

Awalnya, korban Sabtu tanggal 2 Maret 2019 sekira pukul 01.15 wit KM Sabuk Nusantara 58 melakukan kegiatan Embarkasi barang dan penumpang.

Korban yang merupakan pedagang asongan hendak berjualan tikar dan naik ke atas Kapal melalui tangga. Korban diduga mengalami penyakit Epilepsi sehingga penyakit kambuh dan langsung terjatuh ke dalam laut.

Atas kejadian itu anggota Mapolsek Kawasan Pelabuhan Laut Jayaopura berjumlah 6 personil tiba di tempat kejadian kemudian membantu melakukan pencarian korban sambil melakukan koordinasi dengan  anggota Polairud Polres Jayapura Kota.

Namun hasilnya belum ditemukan, kemudian sekira pukul 08.30 Wit, Kasie KBPP Kantor KSOP Klas II Jayapura memerintahkan 2 orang petugas KPLP Jayapura untuk melakukan proses penyelamatan dengan melakukan pencarian keberadaan korban.

Setelah sekira pukul 10.10 Wit korban akhirnya ditemukan di bawah Dermaga III dalam keadaan posisi tertelungkup oleh tim penyelam gabungan dari Polairud Polda Papua dan KPLP Jayapura.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan, langkah-langkah kepolisian yang diambil pasca informasi tenggelamnya korban langsung mendatangi tkp dan olah tkp, berkordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan pencarian korban.

“Setelah ditemukan jenazah korban  dievakuasi ke RS Bhayangkara untuk dilakukan visum dan meminta keterangan saksi. Kasus ini kini telah ditangani oleh Unit Reskrim Polsek Kawasan Pelabuhan Laut Jayapura dibantu Sat Reskrim Polres Jayapura Kota,” kata Kamal.

Atas peristiwa ini, Kamal menghimbau kepada para pedagang yang berjualan di Pelabuhan Laut Jayapura untuk lebih berhati-hati pada saat melakukan aktifitasnya di dekat Dermaga dan tidak memaksakan diri untuk naik ke Kapal karena sangat berbahaya untuk keselamatan. [loy]