KPU Keerom Target Selesaikan Pleno Rekapitulasi Suara Selama Tiga Hari

0
577
Caption: Suasana rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan tingkat Kabupaten Keerom yang diselenggarakan oleh KPU Keerom, di Gedung Pramuka Swakarsa, Jum’at (3/5/2019).
Caption: Suasana rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan tingkat Kabupaten Keerom yang diselenggarakan oleh KPU Keerom, di Gedung Pramuka Swakarsa, Jum’at (3/5/2019).

KEEROM, PapuaSatu.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Keerom menargetkan pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019 akan selesai dilakukan selama tiga hari. Walaupun lima jenis surat suara yang harus dihitung KPU Keerom optimis bisa diselesaikan tepat waktu.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Keerom Korneles Watkaat saat pembukaan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara di Tingkat Kabupaten Keerom pada Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019, di Gedung Pramuka Swakarsa, Jum’at (3/5/2019).

“Pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara di tingkat Kabupaten Keerom Tahun 2019 direncanakan selama tiga hari, sehingga diharapkan pelaksanaan rekapitulasi dapat dilaksanakan dengan baik. Meskipun beban berat serta tanggung jawab tetapi harus tetap dilaksanakan, karena Lima Surat Suara yang harus diselesaikan,” kata Ketua KPU Dalam acara pembukaan rapat pleno yang dihadiri Bupati Keerom dan Kapolres Keerom.

Untuk rekapitulasi sendiri, kata Watkaat, KPU Keerom akan dimulai dari Panitia Pemilihan Distrik (PPD) Towe, yang memang rekapitulasi tingkat PPDnya telah selesai dilakukan.

“Selanjutnya digilir dari PPD lainnya dari Dapil 1. Untuk itu kami berharap kepada semua saksi partai politik untuk mengikutinya dengan seksama,” beber Ketua KPU.

Sementara itu Bupati Keerom Muh. Markum dalam acara pleno tersebut tidak dapat menyembunyikan rasa terima kasihnya kepada KPPS, PPD, KPU dan Bawaslu yang telah melaksanakan tahapan Pemilu di Kabupaten Keerom.

Walaupun terdapat berbagai hambatan dilapangan termasuk adanya pemungutan suara ulang (PSU) di kampung Baburia, Bupati melihat pelaksanaan Pemilu di Keerom pada dasarnya telah berjalan dengan baik.

“Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Keerom mengapresiasi kepada semua pihak stekholder yang ikut berpastisipasi mengamankan jalannya Pemilihan Umum Presiden dan Legislatif Tahun 2019 di Kab Keerom,” ucap Bupati saat memberikan sambutan.

Bupati Markum berpesan agar rapat pleno rekapitulasi suara tingkat kabupaten dapat juga berjalan dengan baik. “Kami harap rekapitulasi ini diikuti dengan baik semua partai politik. Karena dari sini akan dilaporkan ke tingkat provinsi,” ungkap Bupati.

Ditempat yang ama Kapolres Keerom AKBP. Muji Windi Harto mengungkapkan sepanjang pelaksanaan seluruh tahapan Pemilu di Kabupaten Keerom berjalan dengan aman dan terkendali.

“Hingga rekapitulasi tingkat kabupaten ini kami bersyukur tidak ada kejadian atau gangguan berarti yang dapat mengganggu jalannya Pemilu,” papar Kapolres. [alf]