Kunjungi Jayapura, Wapres RI : Saya Bangga, Kodam XVII/Cenderawasih Aktif Membangun Papua

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Di sela Kunjungan Kerja (Kunker), mengawali pagi di Jayapura, Wakil Presiden (Wapres) RI Prof. Dr. (H.C) K.H. Ma’ruf Amin dan Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin menyempatkan berolahraga bersama dengan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa dan Para Pejabat Kodam beserta Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) PD XVII/Cenderawasih, di Makodam XVII/Cenderawasih, Selasa (28/11/2022) Pukul. 05.45 Wit.

Turut hadir dalam kegiatan olahraga tersebut, Pangkogabwilhan III Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, S.E., M.Tr (Han), Danrem 172/PWY J.O Sembiring dan Wakapolda Papua.

Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H. mengatakan, selama melaksanakan kegiatan olahraga bersama, Wakil Presiden (Wapres) RI Prof. Dr. (H.C) K.H. Ma’ruf Amin dan Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin beserta Para Pejabat lainnya berkeliling di sekitar Makodam XVII/Cenderawasih sambil menikmati pemandangan.

“Setelah senam, Wakil Presiden RI Prof. Dr. (H.C) K.H. Ma’ruf Amin dan Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin beserta Para Pejabat berjalan kaki mengelilingi Makodam XVII/Cenderawasih,” jelas Kolonel Kav Herman.

Usai berkunjung ke Makodam XVII/Cenderawasih, Wakil Presiden RI Prof. Dr. (H.C) K.H. Ma’ruf Amin menyempatkan singgah di Kedai Meja Kopi yang terletak di Ruko Pasifik Permai Dok II Jayapura, Provinsi Papua dalam rangka melihat Potensi Papua, khususnya Dukung Kopi Papua Mendunia.

Setibanya di Kedai Meja Kopi, Wapres disambut oleh Pembina Meja Kopi Yan Numberi dan Pemilik Meja Kopi Lita Numberi.

Keduanya langsung memberikan topi adat dan kain motif khas daerah Saireri, sebagai tanda kehormatan kepada tamu yang masuk ke dalam suatu rumah.

Perbincangan Wapres tampak cair dan hangat dengan pemilik kedai dan para pemuda anggota komunitas kopi di Papua.

Salah satu komunitas yang hadir adalah Papua Muda Inspiratif, yakni sebuah komunitas yang menjadi wadah aspirasi kemajuan gagasan untuk kesejahteraan Papua.

Wapres pun memberikan dukungannya terhadap potensi kopi Indonesia, khususnya, kopi Papua yang tidak hanya menjadi konsumsi di dalam negeri, tetapi juga mampu menguasai bangsa pasar dunia.

“Kopi Papua untuk Indonesia dan Dunia!” seru Wapres memberikan semangat.

“Saya harap kopi Papua ini menjadi kopi yang mendunia.”

“Saya sangat mengapresiasi semangat daripada komunitas Meja Kopi yang sudah melakukan upaya-upaya untuk mengembangkan kopi Papua,” ungkap Wapres bangga.

“Kita mengharapkan anak muda Papua itu maju dan berkembang dan mengembangkan potensi yang dimiliki Papua sendiri,” jelasnya.

“Saya minta Pemerintah, Kementerian/lembaga untuk membantu pengembangan kopi Papua ini dari hulu sampai ke hilir, dari pertaniannya, pengolahannya, kemudian dihilirisasi, sampai pemasaran, bahkan juga pengemasannya,” pungkas Wapres.

Lebih lanjut, saat di Aula Lantai 8 Gedung Keuangan Negara, Jl. Ahmad Yani No. 8 Gurabesi, Kecamatan Jayapura Utara, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Selasa (29/11) bertemu MRP dan DPRP dalam rangka mengajak Penguatan Kolaborasi Majukan Kesejahteraan Papua.

“Saya mengajak semua pihak untuk memperkuat pola sinkronisasi, harmonisasi, dan koordinasi, di Tingkat Pusat, Provinsi, juga Kabupaten/Kota, termasuk mengoptimalkan kemitraan dengan para pihak terkait lainnya,” ujar Wakil Presiden (Wapres) RI K.H. Ma’ruf Amin.

“Saya mengapresiasi Pemda Papua, DPRP, dan MRP, yang telah mengelola Otsus dengan segala dinamikanya. Saya harap kinerja bersama ini dapat semakin ditingkatkan ke depan,” pesan Wapres.

“Kita semua ingin mewujudkan Tanah Papua yang inklusif dan damai,” ucapnya.

Sementara itu, menindaklanjuti adanya Daerah Otonom Baru (DOB) yang menghadirkan Provinsi-provinsi baru di Papua, Wapres menekankan kehadiran Provinsi baru tersebut menjadi game changer, yang mampu meningkatkan pembangunan dan kualitas publik di Papua.

“Kehadiran Provinsi-provinsi baru ini agar disikapi sebagai game changer yang akan mengubah desain pembangunan dan pelayanan publik, sehingga lebih dekat ke akar rumput,” jelasnya.

“Mari kita niatkan kita ingin memulai membangun Papua dengan semangat yang baru, tekad yang baru, desain baru, dan akan menghasilkan hasil yang optimal untuk Papua,” ajaknya.

Acara dilanjutkan dengan penabuhan tifa sebagai tanda peresmian operasional Sekretariat Badan Pengarah Papua (BPP). Sebelumnya, Wapres mengunjungi Kantor Sekretariat BPP yang terletak di Lantai 5 Gedung Keuangan Negara Jayapura sekaligus melakukan prosesi seremoni pengguntingan pita sebagai tanda peresmian ruangan tersebut.

“Kita berharap kehadiran BPP ini semakin memperkuat percepatan pembangunan Otonomi Khusus Papua,” tegas Wapres.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Sekretariat Badan Pengarah Papua, saya nyatakan diresmikan,” tambahnya.

Sementara itu, sebelum melanjutkan Kunkernya ke Merauke didampingi Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, Wakil Presiden RI Prof. Dr. (H.C) K. H. Ma’ruf Amin di Bandara Sentani menuliskan pesan untuk Kodam XVII/Cenderawasih.

“Saya Bangga, Kodam XVII/Cenderawasih Aktif Membangun Papua,” jelas Wapres RI.[redaksi]