Lomba Safety Riding dan Safety Driving Semarakkan Jelang HUT Bhayangkara Ke-77 di Polda Papua

19

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Menjelang HUT Bhayangkara ke-77, Polda Papua melalui Direktorat Lalu Lintas Polda Papua menggelar lomba keselamatan berkendara.
Lomba yang diikuti perwakilan Polres-Polres jajaran dan sejumlah pengendara ojek pangkalan tersehut terdiri dua kategori, yaitu safety riding (berkendara roda dua) dan safety driving (berkendara roda empat).

Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Ramdani Hidayat,SH mengungkapkan, bahwa dengan kegiatan safety riding, diharapkan masyarakat bisa mengetahui dan lebih terampil dalam keselamatan berkendara.

“Dan kedepan kita akan melaksanakan secara rutin, baik itu pelatihan maupjn pertandingan-pertandingan seperti ini,” ungkap Wakapolda.

“Di Papua ini dapat saya katakan 95-98 persen Lakalantas (kecelakaan lalu lijtas) itu disebabkab konsumsi minuman keras,” ungkapnya.

Wakapolda menekankan, agar melalui lomba tersebut dapat menjadi satu proses edukasi, dan aparat kepolisian mampu menjadi teladan dalam hal ketertiban dan keselamatan berkendara.
Dan diharapkan, kedepan bisa diikuti lebih banyak unsur masyarakat, termasuk personil Polri, terutama sebelum dinyatakan lulus jadi anggota Polri.

Dirlantas Polda Papua Kombes Pol Muhamad Nasihin menambahkan, bahwa pesertanya adalah perwakilan seluruh polres jajaran dan sejumlah pengendara ojek di pangkalan-pangkalan maupun ojek online yang ada di Kota Jayapura.

“Kalau kita lakukan terus menerus, ini insa Alloh dapat menekan angka kecelakaan,” ujarnya.[yat]