Lukas Christian Sohilait Resmi Jabat Penjabat Walikota Jayapura

85

JAYAPURA, PapuaSatu.com Penjabat Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun resmi melantik Lukas Christian Sohilait, sebagai Penjabat Walikota Jayapura, pada Senin 27 Mei 2024 di Kantor Gubernur Papua.

Dalam sambutan Penjabat Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun mengatakan atas nama pemerintah Provinsi Papua menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Kota Jayapura atas dedikasi dan loyalitas terhadap amanah yang dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Ridwan menyampaikan berdasarkan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3-1222 tahun 2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan penjabat Walikota Jayapura, dengan melantik dan mengambil sumpah janji jabatan terhadap Lukas Christian Sohilait, sebagai Penjabat Walikota Jayapura dengan masa jabatan paling lama 1 tahun.

” Pelantikan itu terhitung sejak tanggal pelantikan dan SK Mendagri no 100.2.1.3-1114 tahun 2024 tertanggal 24 Mei 2024,” ujar Penjabat Gubernur di Jayapura Senin (27/5/25).

Dikatakan, untuk tugas Penjabat Kepala Daerah di Papua antara lain, memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang ditetapkan bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Setempat.

Selain itu juga memfasilitasi persiapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah kabupaten tahun 2024 serta menjaga netralitas aparatur sipil negara,

Dia menambahkan selain tugas sebagaimana dimaksud Pejabat Walikota juga wajib melaksanakan program strategis nasional dan daerah yang diselenggarakan di wilayahnya, antara lain program Penanganan stunting dan gizi, program pengendalian inflasi daerah, ketahanan pangan, penurunan angka pengangguran, dan penanggulangan kemiskinan ekstrem.

“Penjabat Walikota wajib menyampaikan laporan pertanggung jawaban pelaksanaan tugas kepada Mendagri melalui Gubernur selaku wakil Pemerintah di daerah sekurang-kurangnya 3 bulan sekali,” ujarnya

PJ Gubernur berharap Penjabat Walikota yang baru di lantik di harapkan dapat mendekatkan diri dengan masyarakat, lebih responsif atas kepentingan masyarakat dan memperhatikan aspirasi masyarakat.

” Kepada PJ Walikota yang lama, terima kasih telah melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab, dan untuk penjabat Walikota yang baru agar dapat menjalankan amanah tugas dan tanggung jawab dengan penuh tanggung jawab, ” pungkasnya

Sementara itu Penjabat Walikota, L. Christian Sohilait menyampaikan kota Jayapura saat ini menjadi barometer untuk daerah lain di Provinsi Papua, dan pesan yang dapat dipetik dan menjadi prioritas dalam memegang amanah yakni untuk menjaga kota Jayapura tetap aman, sukseskan pemilukada, dan melanjutkan jalannya pembangunan di Kota Jayapura.

“Secepatnya saya akan rapat dengan OPD, Ondoafi, pimpinan Gereja, untuk membicarakan 3 hal penting tersebut, Karena tanpa dukungan mereka saya pikir akan berat,” ungkap Christian.[tania]