Majukan Pendidikan di Papua lebih, Dinas Pendidikan Provinsi Papua dan BI Jalin Kerjasama

0
293

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Meningkatkanya teknologi Informasi dan komunikasi di Indonesia,  khususnya di Papua. Bank BI bersama Dinas Pendidikan Provinsi Papua, menggelar kerjasama dalam  mengembangkan sistem pembayaran uang tunai bagi setiap proses pembayaran yang berlangsung di Lingkungan Pendidikan, Rabu (04/03/2020).

Bukti nyata kepedulian BI terhadap pengembangan dunia dunia pendidikan, di Papua, Bank Indonesi sudah  berkontribusi  bagi pendidikan di Provinsi Papua,  seperti  program  Cesar yakni pemberian  beasiswa, dan beberapa program lainnya.

“Kami Bank Indonesia sangat konsen di dunia pendidikan, dan  kami  juga selain memberikan beasiswa kepada 50 orang mahasiswa di 3 universitas negeri di Indonesia, setiap tahunnya kami  juga mengembangkan BI corner terkait perekonomian dan ke Bank Sentralan di  kalangan  pelajar dan mahasiswa,”  ujar  kepala BI perwakilan Papua, Naek Tigor Sinaga.

Menurutnya, Bank Indonesia  dan Dinas  Pendidikan Provinsi  Papua sendiri    akan memberikan pemahaman tekait memperkenalkan  sistem pembayaran di lingkungan pendidikan bagi pelajar dan mahasiswa,  di Papua agar dapat menggunakan teknologi pembayaran melalui uang  digital atau uang elektronik.

Bahkan, lanjutnya, BI dan DInas Pendidikan akan  bekerjasama untuk memberikan pemahamn  bagi siswa siswi SMP dan lebih khususnya  bagi pelajar SMA agar bagaimana mereka bisa  paham menggunakan  teknologi  pembayaran yang sedang marak saat ini.

“Begitu juga  elektronifikasi untuk penggunaan dana bos dan PIP, dan bekerjasama sesuai tupoksi masing-masing untuk kemajuan teknologi dalam dunia pendidikan,dan tidak terlepas  dari  motor  pendidikan yaitu pemerintah,” ungkapnya.

Sementar aitu, Kepala Dinas Pendidikan  Provinsi Papua  menyampaikan bahwa sistem pengurusan keuangan Pelajar saat  ini yang semakin maju dalam perkembangan teknologi.

Oleh karena itu, dengan dorongan dari  BI sendiri  sangat penting,  apalagi dalam masa kepemimpinan Menteri Pendidikan baru yang sangat dekat sekali dengan Teknologi.

“Dengan Sistem baru yang dibuat Menteri pendidikan yang sedikit milenial, kita  di Papua harus mengikuti perkembangan tersebut, walaupun Provinsi Papua agak jauh dari Ibu Kota  negara Indonesia.” Katanya.

“Kita tidak boleh tertinggal dari  kecepatan dinamika elektonik yang sangat pesat,  dan anak-anak kita tidak boleh tertinggal terkait sistem pembayaran elektronik di sekolah tersebut,” tukasnya. [rewin/loy]