Manfaatkan Fasilitas Milik TNI dan Polri Untuk PON, PB PON XX dan TNI-Polri Teken MoU

0
88
Penandatanganan MoU antara Ketua Harian PB PON XX, Yunus Wonda dengan TNI-Polri, terkait pemanfaatan fasilitas milik TNI dan Polri untuk pelaksanaan PON XX, di Hotel Horison Kotaraja, Senin (11/5/20).
Penandatanganan MoU antara Ketua Harian PB PON XX, Yunus Wonda dengan TNI-Polri, terkait pemanfaatan fasilitas milik TNI dan Polri untuk pelaksanaan PON XX, di Hotel Horison Kotaraja, Senin (11/5/20).

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Meski penyelenggaraan PON XX tahun 2020 di geser ke tahun 2021, persiapan penyelenggaraannya tetap berlangsung.

Salah satunya adalah fasilitas akomodasi yang akan memanfaatkan sebagian asset TNI dan Polri di Papua.

Untuk itu, antara PB PON XX dengan TNI-Polri telah sepakat pemanfaatannya, yang ditandai dengan penandatnganan MoU, antara Ketua Harian PB PON XX, Yunus Wonda dengan TNI-Polri, di Hotel Horison Kotaraja, Senin (11/5/20).

“Kami juga mengucapkan banyak terima kasih kepada TNI-Polri yang akan menyerahkan seluruh tempat yang kita pakai dalam penyiapkan persiapan akomodasi para atlet kita dan tamu kita yang akan hadir, yaitu wisma dan asrama yang dimiliki oleh TNI-Polri,” ungkap Yunus Wonda.

PB PON juga menyiapkan hal yang sama dengan dilihat lokasi para atlet yang akan dipakai dan juga asrama-asrama yang dimiliki pemerintah kabupaten/kota.

Kasdam XVII Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi yang resmi menggantikan kedudukan Brigjen TNI Irham Wairohan per tanggal 6 Mei 2020, mewakili dari angkatan darat, laut dan udara ada beberapa fasilitas asrama maupun perumahan yang dapat digunakan.

“Kalau angkatan darat untuk jajaran Kodam wilayah Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Merauke dan juga Timika ada beberapa satuan seperti Rindam, Batalyon kemudian Detasemen-Detasemen itu semua akan dibangun untuk mendukung pelaksanaan penyelenggaraan PON mendatang,” ungkap Kasdam.

Kata Kasdam, sesuai amanat dari Panglima, bahwa TNI berkomitmen untuk sama-sama menyukseskan pelaksanaan penyelenggaraan PON mendatang dari sisi akomodasi dan juga dari sisi penyelenggaraan lainnya.

Di kesempatan sama, Wakapolda Papua Brigjen Pol. Drs. Yakobus Marjuki mengatakan, bahwa Kapolda Papua sangat mendukung  kebijakan untuk MoU tersebut.

“Ini saya kira sangat perlu menjadi dasar-dasar untuk bekerja manakala ada sesuatu yang penting ini adalah legalitas, legalitas ini perlu didukung dengan legimitasi dan Polda sudah menyipakan dan silahkan pilih,” ujar Wakapolda.

Fasilitas milik Polri yang bisa dimanfaatkan diantaranya ada SPN, Rumah Sakit, ada tanah-tanah Polda seluas 32 hektar di dekat Danau Sentani, dan lain-lain.

“Kita kemarin juga menyiapkan untuk rumah sakit Polri Bhayangkara itu dijadikan rujukan PB PON dalam kelngkapan-kelengkapan, ijin operasional kita sudah lengkapi listriknya juga sudah dipisahkan, ada juga persyaratan ini juga kita lengkapi,” lanjut Wakapolda.

Kata Kapolda, Polda Papua juga tetap siap mendukung untuk kesiapan pengamanan, meski ada perubahan-perubahan.

“Kapolri juga sudah menyiapkan dan kita juga sudah menyiapkan anggota dari Mabes Polri untuk membackup dan juga kita meminta pem-backup-an dari TNI,” tandas Wakapolda.

Intinya, kata Wakapolda, Polda Papua siap lakukan pengamanan, pengawalan dengan kekuatan yang ada dan juga siap untuk meminta BKO dari TNI kalau apabila kita perlukan yang penting sehingga semua kita lakukan bisa berjalan dengan aman dan baik.[yat]