Masuk Dapur Warga, Cara Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/PKS Peduli Kepada Masyarakat Di Papua

34

PUNCAK JAYA, PapuaSatu.com – Sebagai wujud kepedulian Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui program “Babinsa Masuk Dapur”, Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks Posramil Kota Baru, kali ini melaksanakan anjangsana dengan mendatangi rumah warga kurang mampu di Kampung Lima-Lima Distrik Pagaleme, Kabupaten Puncak Jaya, Papua,  Kamis (10/11/2022).

Dalam kegiatan tersebut, Dansatgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany S.H., M.I.P dalam keterangannya mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sebagai wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu yang ada di wilayah Puncak Jaya Papua.

“Tujuan dari Babinsa masuk dapur, disamping merupakan pelaksanaan tugas pokok pembinaan teritorial (Binter) Satgas, juga merupakan petunjuk dari Komando atas yang wajib dilaksanakan, diharapkan dengan Satgas masuk dapur, Satgas bisa lebih dekat, bisa menyelami kehidupan, bisa mengetahui kondisi secara langsung masyarakat, Satgas bisa merasakan bagaimana kesulitan mereka, dan dapat mengatasinya,” tegas Letkol Inf Mohammad Syaifuddin Fanany S.H., M.I.P.

Kegiatan Babinsa masuk dapur, Dipimpin Serda Dian Fahrudin K bersama beberapa orang anggota dengan mendatangi rumah Mama Pelince untuk bersilaturahmi di honainya, untuk melihat keadaan ekonomi dan melihat keseharian yang dilakukan mama Pelince. Pada kesempatan itu anggota Posramil tidak sungkan-sungkan membantu Mama Pelince memasak di atas tungku, minum, makan bersama, sehingga suasana menjadi riang dan gembira, terlihat Mama Pelince sangat senang dengan kedatangan anggota Posramil.

Di tempat yang sama, Danposramil Kota Baru Letda Inf Edi Januar menambahkan, bahwa kegiatan masuk dapur yang dilakukan anggotanya, merupakan wujud kepedulian terhadap warga.

“Sudah sering Kami lakukan silaturahmi, tetapi untuk masuk dapur warga baru beberapa kali dilakukan. Selain masuk dapur, Posramil juga memberikan bantuan tali asih berupa paket sembako kepada pemilik honai termasuk bantu memasak dan makan bersama,” tutur Danposramil.

Sementara itu, Mama Pelince (63) salah satu warga yang didatangi mengucapkan terima kasih, atas perhatian anggota Posramil Kota Baru Satgas Satuan Organik Yonif Raider 301/Pks kepada Mama dan juga keluarga.

“Mama juga merasakan Bapak TNI dan keluarga sudah tidak canggung lagi untuk datang ke honai mama,” ujarnya.

“Terima kasih Tuhan, memberkati,” ucap Mama Pelince, sambil mengusap air matanya.[redaksi]