Masuk Dapur Warga, Trobosan Satgas RI-PNG Yonif 511/DY Sentuh Warga Kurang Mampu Di Tanah Papua

MERAUKE, PapuaSatu.com – Sebagai bentuk kepedulian Satgas Pamtas Yonif 511/DY dengan mewujudkan Perintah Harian Kasad Jenderal TNI DR. Dudung Abdulrachman, S.E., M.M., yaitu poin ke-5 “TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat, apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi”, diterapkan oleh Satgas RI-PNG Yonif 511/DY di Tanah Papua dalam wujud “Satgas Masuk Dapur” di Kampung Sipias, Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke, Selasa (29/11/2022).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Dantonkes Lettu Ckm Dedy P. Widodo beserta Pakum Letda Chk Gilbert P. Sitorus, S.H., dengan 9 personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY Pos Komando Utama (Kout) dengan mendatangi salah satu rumah warga.

Dansatgas Yonif 511/DY Letkol Inf Rully Noriza, S.I.P., M.I.P., dalam keterangannya mengatakan bahwa tujuan dari program kegiatan Satgas masuk dapur yang diprakasai oleh Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY merupakan pelaksanaan tugas pokok pembinaan teritorial (Binter) yang wajib dilaksanakan.

“Saya berharap Satgas masuk dapur ini warga lebih dekat dengan personel Satgas Yonif 511/DY dan juga bisa mengetahui sejauh mana kondisi kesejahteraan serta merasakan secara langsung bagaimana kesulitan mereka sehingga dapat mengatasinya,” tutur Letkol Inf Rully Noriza.

Dalam kegiatan tersebut, Dantonkes Lettu Ckm Dedy P. Widodo mengatakan kegiatan tersebut dilakukan sebagai wujud kepedulian Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY terhadap masyarakat, khususnya masyarakat yang kurang mampu di perbatasan RI-PNG.

“Diadakan kegiatan ini dalam rangka mempererat silaturahmi serta menjaga hubungan tali kasih antara satgas dan masyarakat dengan harapan masyarakat bisa mengatahui bahwa ada personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY yang setiap saat bisa menjadi solusi bagi warga untuk berbagi dan berkeluh kesah,” ucap Lettu Ckm Dedy P. Widodo.

Kegiatan Satgas Masuk Dapur ke salah satu rumah warga atas nama Ibu Sutris ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pokok pangan masyarakat di sekitaran Pos Kout dan juga untuk melihat secara langsung keseharian yang dilakukan oleh warga.

Anggota Pos Kout tidak sungkan-sungkan untuk membantu memasak sehingga suasana menjadi riang dan gembira, terlihat dari wajah tuan rumah begitu sangat senang dan gembira atas kedatangan personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY.

Kegiatan diawali dengan personel Satgas Yonif 511/DY belanja bahan-bahan yang dibutuhkan dan setelah itu langsung dibawa ke rumah Ibu Sutris. Canda tawa dan senyum tulus begitu hangat terihat selama proses masak memasak antara personel Satgas Badak Hitam dengan Ibu Sutris sampai dengan makan bersama.

Ibu Sutris (45) sebagai tuan rumah mengucapkan terima kasih banyak kepada personel Satgas Yonif 511/DY atas  perhatian TNI kepadanya.

“Ini pertama kali dari personel Satgas yang mendatangi bahkan masuk sampai ke dapur dan masak bersama kami. Satgas Yonif 511/DY luar biasa, semoga kedepannya semakin sukses dalam melaksanalan tugas dan selalu diberkati oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” ucap Ibu Sutris.[redaksi]