Masyarakat Grime Nawa Tuntut Realisasikan DOB

10

SENTANI, PapuaSatu.com – Ada satu hal yang menarik terjadi dalam Acara Tatap Muka dan Lepas Sambut Tahun Baru 2022/2023 Masyarakat Adat Grime Nawa, yang berlangsung di Lapangan Mandala, Distrik Nimboran, Kabupaten Jayapura, Jumat (27/01/2023).

Dalam momen yang dihadiri Pj. Bupati Jayapura Triwarno Purnomo beserta jajaran di lingkup Pemerintahan Kabupaten Jayapura, masyarakat kembali mendesak Pemerintah Kabupaten untuk dapat merealisasikan wilayah Grime Nawa segera menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB).

“Setahu saya banyak orang hebat di sini, para intelektual, tapi kenapa DOB Grime Nawa belum jadi-jadi? Yang saya mau kasih tahu bahwa semua harus bersatu, harus satu suara baru pemekaran DOB Grime Nawa bisa terjadi,” ungkap Pj Bupati Triwarno.

Dikatakan, bahwa selama ini ada beberapa pihak yang yang masih mengklaim sebagai tim pemekaran, padahal Pemerintah Kabupaten Jayapura sangat berkomitmen mendukung proses pemekaran Grime Nawa untuk menjadi daerah otonom baru.

“Ini saya jujur saja, masih ada yang datang ke Gunung Merah mengaku sebagai tim ini dan tim itu, ini yang saya mau bilang semua harus bersatu, tidak ada lagi yang datang dengan kepentingan sendiri, karena kalau tidak bersatu, itu sama saja masyarakat belum mau Grime Nawa menjadi DOB,” tegasnya.

Triwarno menegaskan, jika tidak ada persatuan diantara suku-suku atau kampung yang ada di Grime Nawa, dan kalau masyarakat masih datang sendiri-sendiri dikhawatirkan akan membuat proses berjalan lama, bahkan hal terburuk DOB tidak terjadi karena masih ada perbedaan pandangan di tengah masyarakat.

“Sekali lagi saya tegaskan, Pemerintah Kabupaten Jayapura mendukung pemekaran DOB Grime Nawa dengan persatuan, masyarakat yang ada di Lembah Grime Nawa dari Timur sampai Selatan, sekarang semua kembali kepada masyarakat, siap apa tidak?,” tegasnya lagi.

Mengakhiri arahannya, Pj Bupati mengajak masyarakat yang ada di Lembah Grime Nawa mendukung semua upaya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah.[redaksi]