Melalui Perpanjangan Waktu, Kesebelasan Sepakbola Putra Jatim Raih Perunggu Setelah Kalahkan Kaltim 3-2

Kesebelasan Sepakbola Putra Jatim saat melakukan selebrasi sebelum bermain di perpanjangan waktu
Kesebelasan Sepakbola Putra Jatim saat melakukan selebrasi sebelum bermain di perpanjangan waktu

SENTANI, PapuaSatu.com – Pertandingan final untuk memperebutkan medali perunggu (juara 3) sepakbola PON XX Papua 2021 antara kesebelasan PON putra Kalimantan Timur vs PON Putra Jawa Timur berlangsung cukup seru.

Kedua kesebelasan terus menunjukkan tehnik dan taktik terbaiknya di sepanjang permainan di Stadion Barnabas Youwe (SBY) Sentani, Kamis (14/10/21).

Namun hingga menit terakhir babak pertama usai, kedua kesebelasan belum ada yang berhasil mengolkan bola ke gawang lawan.

Para pemain sepakbola PON Jatim tampak dominan dalam pegguasaan lapangan.

Namun, di menit ke-50, Rian dari Kaltim berhasil mengubah situasi dengan berhasil menggolkan ke gawang Jawa Timur, skor pun berubah 1-0 untuk Kaltim.

Permain selanjutnya semakin seru, karena para pemain Jawa Timur terus melakukan tekanan bertubi-tubi.

Setelah tekanan demi tekanan yang dikerahkan, akhirnya Jatim berhasil memyamakan skor menjadi 1-1 melalui kaki Muhammad Riswahyu di menit 65.

Di menit ke 69, bola kembali bersarang di gawang Kaltim lewat tendangan indah dari Rifki Mardianto, dan skor menjadi 1-2 unggul sementara untuk Jatim.

Permainan semakin menarik, setelah wasit memberi hukuman pinalti kepada Jatim di menit 77, dan berhasil diselesaikan M Riski Ramadan yang dipercaya menendang dari titik pinalti, sehingga skor kembali imbang 2-2.

Hingga menit terakhir babak kedua, skor antara kesebelasan PON Jatim dan Kesebelasan PON Kaltim tetap imbang 2-2, sehingga dilakukan perpanjangan waktu 2×12 menit.

Permainan semakin seru, dengan tempo tinggi, para pemain dari Kesebelasan Jatim terus mendominasi penguasaan bola, sehingga kiper Kaltim harus diangkut ambulance karena terjatuh saat berupaya mengamankan gawangnya.

Hingga 12 menit perpanjangan pertama usai, skor masih imbang 2-2.

Kesebelasan Jatim pun mendapat peluang emas setelah salah satu pemainnya dilanggar di garis 16 pada menit-menit akhir babak perpanjangan waktu 12 menit kedua.

M Faisal Yunus yang dipercayakan untuk melakukan eksekusi berhasil menyarangkan bola dengan sempurna di gawang Kaltim yang dijaga kiper cadangan.

Skor pun menjadi 2-3 dan menjadi penentu kemenangan Kesebelasan PON Jatim atas Kesebelasan PON Kaltim.

Usai memenangkan pertandingan, para pemain Jatim pun langsung menuju Lapangan Mandala Kota Jayapura untuk mengikuti upacara pengalungan medali, bersama Kesebelasan PON Persipura yang berhasil meraih medali emas, segelah mengalahkan Kesebelasan PON Aceh dengan skor 2-2.[yat]