Menteri KSP Pastikan Presiden Akan Hadiri KMAN VI di Kabupaten Jayapura

33
Suasana di acara Papua Intimate Dinner, di Grand Ballroom Hotel Sultan Jakarta, Jumat (12/8)

JAKARTA, PapuaSatu.com – Perhelatan akbar Aiansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) yang akan digelar di Papua pada Oktober 2022 nanti, yakni Kongres Masyarakat Adat Nusantara (KMAN) ke-VI akan dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Kepastian kehadiran residen pada iven akbar yang dipusatkan di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua, diungkapkan Menteri KSP, Moeldoko dalam sambutannya pada acara Papua Intimate Dinner, di Grand Ballroom Hotel Sultan Jakarta, Jumat (12/8).

Dalam sambutan yang dibacakan Ade Irvan Pulungan, SH selaku Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Bidang Hukum dikatakan bahwa pembangunan kesejahteraan di Papua merupakan prioritas pemerintah Indonesia.

“Menjadi dasar justifikasi Reformasi kebijakan dan Reformasi struktural antara lain dengan menerbitkan UU nomor 2 tahun 2021, UU nomor 1 tahun 2022 tentang hubungan keuangan pusat dan daerah, Inpres nomor 9 tahun 2020 dan terakhir dibentuknya 3 UU tentang DOB, ” ungkapnya.

Presiden, kata Ade Irvan sangat serius memberi perhatian terhadap tanah Papua, tidak hanya kebijakan namun sudah 15 kali berkunjung langsung ke berbagai wilayah di tanah Papua.

“FDS merupakan ajang yang tepat untuk mengedepankan kebudayaan kabupaten Jayapura guna meningkatkan kunjungan wisatawan nasional dan domestik untuk hadir di Jayapura, ” ujarnya.

Dikatakan, bahwa Presiden juga mendukung KMAN VI yang akan diselenggarakan di wilayah adat Tabi  dan bakal Dihadiri langsung oleh Presiden RI sebagai wujud kecintaan terhadap tanah Papua.

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno  dalam statemen video yang ditampilkan mengapresiasi kegiatan intimate dinner sebagai ajang promosi pariwisata.

“Saya ucapkan selamat dan sukses untuk acara papua intimate dinner. dengan semangat 3 G, gerak cepat, gerak bersama dan gas full utk maksimalkan semua potensi pariwisata di papua,” imbuhnya.

Ia mengharapkan semoga pariwisata di tingkatkan terus untuk berakselerasi bangun pariwisata sehingga memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat.[yat]