Meskipun Belum Ditemukan Kasus Corona, Upacara Pembukaan TMMD Ke-107 di Perbatasan RI – PNG Batal Digelar

0
111

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Dandim 1701/Jayapura, Kol. Inf Jerry Simatupang, membatalkan upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke – 107 di Kampung Kibay yang rencananya akan dilaksanakan, pada Senin nanti (16/3/2020).

Pembatalan tersebut dilakukan setelah menerima instruksi dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andhika Perkasa, yang memerintahkan seluruh satuan TNI – AD untuk membatasi kegiatan yang melibatkan orang banyak.

“Betul, meskipun sampai sekarang belum ditemukan adanya kasus positif Corona di Provinsi Papua, namun perlu adanya langkah antisipasi sejak dini untuk pencegahan. Ini juga sebagai bagian dari upaya TNI untuk mengajak masyarakat di Papua untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman penyebaran virus COVID 19”, ujar Jerry.

Meskipun upacara pembukaan batal digelar, namun Dandim memastikan bahwa kegiatan TMMD tetap berjalan sesuai jadwal. “Yang kita batalkan hanya upacara pembukaannya saja, untuk kegiatan TMMD sendiri akan tetap berjalan selama satu bulan”, ungkapnya.

Dandim juga telah memerintahkan personelnya yang terlibat kegiatan TMMD agar selalu memelihara kesehatan. “Kami menghimbau kepada seluruh personel untuk selalu mencuci tangan sebelum/setelah bekerja, menghindari kontak fisik orang per orang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, vitamin dan istirahat yang cukup”, tambahnya lagi.

Kampung Kibay yang dijadikan lokasi TMMD ke – 107 oleh Kodim 1701/Jayapura adalah salah satu kampung yang terletak dekat dengan perbatasan RI – PNG. Saat ini pemerintah telah menyiapkan protokol khusus bagi wilayah perbatasan negara untuk mengantisipasi penyebaran virus COVID 19 yang telah dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO. [redaksi]