Minggu Depan, DPMK Keerom Cairkan 40 Persen Dana Desa

0
224
Kepala DPMK Keerom Triwarno Purnomo
Kepala DPMK Keerom Triwarno Purnomo

KEEROM, PapuaSatu.com – Pemerintah Kabupaten Keerom melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) mulai cairkan dana desa tahap kedua sebesar 40 persen. Pencairan dana desa ini sebagai tindaklanjut pencairan dana desa tahap pertama sebesar 20 persen.

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Keerom Triwarno Purnomo, pencairan 40% dana desa tahun anggaran 2019 diseluruh kampung di Kabupaten Keerom, tidak terlepas dari kinerja kepala kampung beserta aparatnya dalam menyelesaikan pertanggungjawaban penggunaan dana desa tahap ketiga tahun anggaran 2018.

“Kalau tidak ada halangan Jum’at depan DD tahap kedua sudah kita cairkan. Pertanggungjawaban DD tahun anggaran sebelumnya sudah diselesaikan oleh kepala kampung,” ujar Triwarno ketika ditemui diruang kerjanya Jumat (27/06/2019).

Disinggung terkait pertanggungjawaban dana desa tahap pertama 2019, Triwarno menjelaskan, untuk pertanggungjawaban dana desa tahap pertama akan dilakukan sekaligus dengan pertanggungjawaban tahap kedua, pada saat akan dilakukan pencairan dana desa tahap ketiga.

“Jadi nanti ketika mau pencairan tahap ketiga kampung harus pertanggungjawabkan dulu tahap pertama dan tahap kedua. Selama ini banyak yang mengira pertanggungjawaban dana desa itu bertahap, sebenarnya tidak seperti itu. Contoh mau cairkan tahap kedua di 2020 harus pertanggungjawabkan tahap ketiga di 2019,” tuturnya.

Sementara itu untuk pengawasan dana desa, kata Kepala DPMK, dilakukan pemeriksaan langsung yang dilakukan melalui berbagai perangkat-perangkat yang telah dibentuk.

Namun dirinya berharap pengawasan juga dilakukan langsung oleh masyarakat terkait penggunaan dana desa. Jika kedapata adanya indikasi penyelewengan diharapkan segera dilaporkan ke DPMK Keerom.

“Setiap laporan yang masuk ke kami langsung kami tindaklanjuti dengan melihat langsung benar atau tidak penggunaan DD. Jadi saya sangat berharap kepada masyarakat kita sama-sama mengawal DD ini,” paparnya. [alf]