Modus Lakukan Maintenance, Pencuri Gasak Fasilitas BTS Bakti Kominfo di Kabupaten Jayapura

42

SENTANI, PapuaSatu.com – Dengan menyamar sebagai karyawan perusahaan untuk melalukan perbaikan (maintenance), sejumlah pelaku menggasak fasilitas di dua tower Base Transceiver Station (BTS) yang dibangun Bhakti Kominfo.

Yakni pencurian fasilitas solarcell dan kamera CCTV yang berada di Kampung Hamonggrang, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, yang terjadi pada tanggal 28 Februari 2023.

Di hari yang sama, pencuri juga menggasak kamera CCTV di tower yang berada di Kampung Imsar, Distrik Nimboran Kabupaten Jayapura.

“Mereka mengatasnamakan petugas dari PT IBS dan juga PT Waradana,” ungkap Kadis Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon,ST,M.Sos kepada wartawan di Media Center Pemerintah Kabupaten Jayapura, Kantor Bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani, Senin (3/4).

Akibatnya, tower BTS di Kampung Hamongrang tidak dapat memancarkan signal seluler.

Karena mengaku dari perusahaan, masyarakat setempat pun sempat membantu para pencuri dalam.membongkar peralatan tower.

Dikatakan, bahwa pihaknya telah melakukan konfirmasi ke dua perusahaan selaku pengembang dan dinyatakan tidak ada petugas dari perusahaan yang ditugaskan untuk maintenance dimaksud.

Kata Gustaf, bahwa untuk pembangunan tower-tower oleh dua perusaan tersebut masih dicover oleh pihak asuransi, sehingga untuk peralatan yang hilang akan diganti oleh perusahaan.

Sebagai antisipasi, kata Gustaf, pihaknya berkomitmen dengan PT IBS, bahwa bila ada maintenance fasilitas tower harus ada ijin dari Dinas Kominfo.

Karena itu, kedua perusahaan tersebut telah melaporkan ke kantor polisi terdekat untuk dilakukan penyelidikan dalam mengungkap pelakunya.[yat]