Momen RAFI 2024 Telkomsel Prediksikan Terjadi Peningkatan Trafik Broadband Hingga 8,10%

83

MAKASSAR, PapuaSatu.com – Telkomsel Area Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua (Pamasuka) memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband hingga 8,10% dibandingkan hari biasa 2024.

Hal itu utamanya akan didorong oleh peningkatan aktivitas digital masyarakat, mulai dari online gaming sebesar 78,8%, communications 28,02%, video streaming 25,09%, social media 13,38%, sampai dengan e-commerce 11,37%.

Dibandingkan dengan momen RAFI tahun sebelumnya, Telkomsel pun memperkirakan kenaikan trafik mencapai 22,75% lebih tinggi, dengan payload tertinggi sebanyak 13,56 PB (Peta Byte) untuk wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua pada puncak RAFI tahun ini.

Vice President Area Network Operations Telkomsel Area Pamasuka, Andrias Indra mengatakan, sebagai penyedia layanan telekomunikasi digital terdepan di wilayah Pamasuka, Telkomsel berkomitmen memastikan pengalaman digital pelanggan yang berkesan selama momen RAFI 2024 melalui kesiapan infrastruktur konektivitas broadband inovatif dengan jangkauan terluasnya.

“Telkomsel akan terus umenghubungkan negeri agar para pelanggan bisa merayakan moment kebersamaan dalam merayakan bulan Ramadan dan menjalin silaturahmi lebih erat dengan kerabat, keluarga, maupun kolega hingga momen Idulfitri nanti,” ungkapnya melalui siaran pers, Senin (1/4/24).

Ia pun mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa kepada umat Muslim, dan semoga mendapatkan keberkahan sebesar-besarnya sepanjang bulan suci tahun ini.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik pada momen RAFI 2024, Telkomsel Area Pamasuka telah melakukan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan yang difokuskan pada 72 titik keramaian di berbagai wilayah di Pamasuka.

Titik keramaian tersebut mencakup 38 area khusus (pusat perbelanjaan, alun-alun, dan lainnya), 8 area transit transportasi (bandara, pelabuhan, dan stasiun), 13 wilayah residensial, 2 jalur mudik (termasuk Rest Area dan SPBU), serta 11 kawasan ibadah (masjid dan rumah ibadah lainnya).

Secara keseluruhan, penguatan kapabilitas jaringan ini melengkapi kehadiran lebih dari 48 ribu BTS Telkomsel berteknologi 4G/LTE dan 5G terkini yang mencakup hingga 90 persen wilayah populasi di Paasuka untuk mendukung pengalaman digital pelanggan yang optimal selama RAFI 2024.

Melalui penerapan 40 Posko Siaga RAFI di berbagai lokasi strategis, Telkomsel berupaya hadir untuk mempererat tali silaturahmi bersama pelanggan, sekaligus memastikan setiap kebutuhan digital pelanggan dapat terpenuhi dengan layanan yang mampu memaksimalkan ibadah di bulan penuh keberkahan ini.

Setiap Posko Siaga tidak hanya merupakan pusat layanan komprehensif untuk kebutuhan digital pelanggan, seperti dengan penukaran Telkomsel Poin, pembelian kartu perdana Telkomsel Lite, pembelian voucher isi ulang, instalasi aplikasi MyTelkomsel, pendaftaran produk FMC IndiHome, Orbit, dan Telkomsel One, dan sebagainya, tetapi juga sebagai tempat di mana kehadiran Telkomsel lebih dari sekadar penyedia layanan, tetapi juga sebagai sahabat yang mengerti dan peduli.

Mengingat pentingnya ketersediaan layanan tanpa henti, terutama dalam momen-momen spesial RAFI 2024, Telkomsel memastikan aksesibilitas layanan pelanggan 24/7 melalui berbagai kanal, dari Call Center 188 atau 147 (khusus pelanggan IndiHome), 158 GraPARI dan 156 ATM Self-Service MyGraPARI yang tersebar di seluruh wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua, aplikasi MyTelkomsel beserta asisten virtual Veronika, akun media sosial resmi Telkomsel di Facebook, Instagram, dan X/Twitter.

Muharlis, Vice President Consumer Business Telkomsel Area Pamasuka, menegaskan, dengan mengambil inspirasi dari nilai-nilai kebersamaan dan berbagi harapan dalam semangat Indonesia, Telkomsel bertekad untuk menghadirkan layanan yang bukan saja inovatif dan terdepan, tetapi juga dapat saling menguatkan hubungan antar sesama yang penuh arti.

“Telkomsel berkeyakinan bahwa produk dan layanan yang dihadirkan tidak hanya memudahkan, namun juga mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat luas,” tegasnya.

Oleh karena itu Telkomsel berharap melalui ragam inovasi dan layanan di periode Ramadan dan Idulfitri akan menambah kebersamaan dan keberkahan bagi setiap individu dan keluarga di Indonesia.

Pada bulan yang penuh makna ini, Telkomsel juga menghadirkan berbagai promo spesial, mulai dari Paket Super Seru dengan kuota data yang lebih besar, serta kuota data tambahan untuk Aktivasi Kartu Perdana dan Registrasi IMEI Baru.

Khusus pelanggan Telkomsel Halo (pascabayar), tersedia peluang mendapatkan Kejutan THR melalui program Ekstra Kuota dan program Flash Sale dengan berbagai keuntungan tambahan pendaftar baru.

Kemudian untuk internet rumah, penawaran Ultra Mesh Wi-Fi baru yang dapat memperluas jangkauan internet IndiHome di rumah, Surprise Deal Ramadan khusus Orbit, hingga program Quiz dan Nonton Bersama IndiHome.

Terdapat pula penawaran khusus dari Telkomsel untuk menikmati konten-konten yang menginspirasi selama Ramadan dan kesempatan berbagi kebahagiaan melalui berbagai program, seperti beragam paket langganan hingga kemeriahan kolaborasi dengan layanan streaming yang bekerja sama dengan Telkomsel, seperti Netflix, YouTube, Catchplay+, WeTV, hingga HBO GO, serta kuota data tambahan, cashback hingga 90%, voucher bundling, hingga turnamen komunitas bersama Dunia Games.

Kesiapan Jaringan dan Layanan di Wilayah Maluku dan Papua Selama Momen RAFI 2024

Khusus untuk wilayah Maluku dan Papua, dalam mengantisipasi lonjakan trafik pada momen RAFI 2024, Telkomsel melakukan optimalisasi kualitas, kapasitas, serta pemutakhiran teknologi jaringan pada 20 titik keramaian di berbagai wilayah di Maluku dan Papua.

Titik keramaian tersebut mencakup 6 area khusus (pusat perbelanjaan, alun-alun, dan lainnya), 4 area transit transportasi (bandara, pelabuhan, dan stasiun), 7 wilayah residensial, serta 3 kawasan ibadah (masjid dan rumah ibadah lainnya).

Secara keseluruhan, penguatan kapabilitas jaringan ini melengkapi kehadiran lebih dari 8 ribu BTS Telkomsel berteknologi 4G/LTE di wilayah Maluku dan Papua untuk mendukung pengalaman digital pelanggan yang optimal selama RAFI 2024.

Telkomsel juga memproyeksikan terjadinya pertumbuhan trafik broadband di wilayah Maluku dan Papua hingga 14,88% dibandingkan hari biasa 2024,  dengan payload tertinggi sebanyak 2,1 PB (Peta Byte) untuk wilayah Maluku dan Papua pada puncak RAFI tahun ini.

Sementara itu disisi pelayanan Telkomsel di Wilayah Maluku dan Papua, Telkomsel memastikan aksesibilitas layanan pelanggan 24/7 melalui berbagai kanal, dari Call Center 188 atau 147 (khusus pelanggan IndiHome), 2 GraPARI stand-by dan 2 ATM Self-Service MyGraPARI untuk wilayah Jayapura (GraPARI Abepura) dan wilayah Sorong (GraPARI Sorong).[yat]