Ny. Ziska Muhammad Saleh Mustafa Dikukuhkan Sebagai Ibu Raksakarini Sri Sena XVII/Cenderawasih

53

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Ny. Ziska Muhammad Saleh Mustafa dikukuhkan sebagai Ibu Raksakarini Sri Sena XVII/Cenderawasih, bertempat di Aula Tonny A. Rompis Makodam XVII/Cenderawasih, Jumat (7/10/2022).

Demikian disampaikan Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H., dalam keterangannya.

Dalam kegiatan tersebut, juga dihadiri Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa beserta Para Pejabat Kodam dan Pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD XVII/Cenderawasih.

Dalam sambutannya, Ny. Ziska Muhammad Saleh Mustafa mengucapkan terimakasih atas pengukuhannya sebagai Ibu Raksakarini Sri Sena XVII/Cenderawasih yang merupakan seorang Ibu yang dipercaya sebagai pembimbing dan pembina segenap warga Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih.

“Sebagaimana kita pahami bersama, bahwa perkembangan dunia di era globalisasi telah menempatkan hubungan antara laki-laki dan wanita dalam kesetaraan yang sama. Tentunya hal ini membawa konsekuensi di berbagai bidang kehidupan, salah satunya adalah institusi TNI AD,” kata Ny. Ziska Muhammad Saleh Mustafa.

“Kesetaraan Gender menuntut adanya penyamaan dalam pengembangan kemampuan antara prajurit Kowad dengan prajurit Pria. Bahkan dibeberapa even nasional maupun internasional di bidang kemiliteran seperti lomba menembak dan terjun bebas militer telah banyak prajurit Kowad yang mampu mengukir prestasi. Ini adalah bukti nyata bahwa Kowad telah mampu memberikan karya terbaik yang selama ini didominasi oleh prajurit Pria.”

“Prajurit Kowad memiliki kodrat kewanitaan melekat secara hakiki yang menuntut untuk mampu menciptakan keselarasan antara tugas kedinasan dengan peran sebagai istri dan ibu rumah tangga. Betapapun berat tugas ini, Ibu-ibu dan remaja Kowad selayaknya dapat menyikapi secara arif dan bijaksana. Jaga kehormatan diri sebagai wanita dari pengaruh negatif yang bisa merusak keharmonisan rumah tangga dan dapat menjatuhkan martabat keluarga.”

“Kepada prajurit Kowad yang belum berumah tangga atau masih lajang, saya berpesan agar pandai-pandai membawa diri, menempatkan diri yang tepat dalam pergaulan sehari-hari. Sikapi dan cermati dengan penuh kehati-hatian setiap permasalahan dengan membuka diri, untuk meminta saran, nasehat dari teman dan atasan, sehingga tidak sampai terjerumus pada pergaulan yang salah atau pun bertindak di luar batas kepatutan,” jelas Ny. Ziska Muhammad Saleh Mustafa.

Diakhir sambutan, Ny. Ziska Muhammad Saleh Mustafa memberikan beberapa atensi kepada prajurit Kowad Kodam XVII/Cenderawasih yakni untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai benteng diri dalam perjalanan kehidupan sehari-hari. Mengembangkan kemampuan untuk mendukung tugas pokok Kodam XVII/ Cenderawasih dan TNI AD. Pegang teguh norma kepribadian dan moral yang susuai dengan penjabaran kode etik Sad Satya Sri Sena atau Enam Janji Kesetiaan.

“Jaga martabat dan nama baik keluarga karena sejatinya prajurit Kowad adalah Srikandi negara sekaligus penjaga keluarga. Saya percaya prajurit Kowad Kodam XVII/Cenderawasih, mampu menampilkan cermin jati diri sesuai norma-norma berlaku yang sejak awal telah ditanamkan. Harapan ke depan anda semakin sukses, mewujudkan kebahagiaan keluarga dan mengembangkan karir, sehingga menempati posisi penting dalam barisan terdepan wanita Indonesia yang tangguh, mandiri dan penuh kebanggaan,” jelas Ny. Ziska Muhammad Saleh Mustafa.

Di tempat yang sama, Perwira Koordinator (Pakor) Kowad Letkol Chk (K) Yuliana Rosario Yoku, S.H. menyampaikan Kowad Cenderawasih senang dan bangga dengan adanya Ibu Asuh yaitu Ibu Raksakarini Sri Sena Ny. Ibu Ziska Muhammad Saleh Mustafa, sehingga memohon bimbingan dan arahan dalam pelaksanaan tugas Kowad di Kodam XVII/Cenderawasih.

“Semoga kami Kowad selalu memberikan yang terbaik buat bangsa dan negara yang kita cintai, disiplin dalam pelaksanaan tugas dan berpedoman pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, 8 Wajib TNI dan Satsatya Sri Sena,” ucap Letkol Chk (K) Yuliana R.[redaksi]