Pangdam Cenderawasih Ikuti Vicon Peresmian Penggunaan Fasilitas Air Bersih Program TNI Manunggal Air di Kampung Sereh

38
Vicon peresmian penggunaan fasilitas air bersih Program TNI Majunggal Air di Kampung Sereh

SENTANI, PapuaSatu.com – Pemasangan pipa air bersih Program TNI Manunggal Air di Kampung Sereh telah selesai dan air bersih sudah mengalir di rumah-rumah warga setempat.

Untuk pemanfaatannya secara resmi, dilaksanakan peresmian secara online via zoom meeting oleh Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurrachman yang terpusat di wilayah Kodam III/Siliwangi, tepatnya di Kabupaten Serang, Banten, yang diikuti dari berbagai wilayah di seluruh Indonesia.

Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan,M.Han mengikuti peresmian melalui zoom meeting di Kampung Sereh, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (25/7).

Tampak juga diikuti Ondofolo Kampung Sereh, Yanto Eluay Kepala BI Papua, Juli Budi Winantya, para perwira menengah TNI di lingkungan Kodam XVII/Cenderawasih dan para pejabat di Kabupaten Jayapura serta tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat.

Kasad Dudung dalam sambutannya mengungkapkan bahwa program TNI Manunggal Air serta percepatan penanggulangan stunting adalah sebagai implementasi dari tujuh perintah harian yang telah dikeluarkannya pada awal Tahun 2022 lalu, terutama perintah kelima dan keenam.

Perintah kelima, adalah perintah agar TNI harus hadir di tengah kesulitan rakyat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi.

Dan perintah keenam, adalah perintah untuk melakukan tindakan-tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan rakyat, agar mampu menumbuhkan kecintaan dan kasih sayang rakyat pada TNI AD.

Pangdam Cenderawasih, Izak Pangemanan saat ditemui wartawan mengatakan bahwa untuk di wilayah hukum Kodam XVII/Cenderawasih terdapat 31 titik Program TNI Manunggal Air yang telah tetlaksana.

“Di Korem 172/PWY delapan titik, Korem 173/PVB ada 12 titik, dan kemudian di Korem 174/ATW ada 11,” ungkapnya.

Dikatakan, masih banyak daerah di Papua yang membutuhkan sentuhan program TNI Manunggal Air.

“Kebutuhan air bersih ini, khususnya masyarakat kita di gunung sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Dikatakan, pada umumnya kesulitan masalah air karena letak sumber air yang jauh dari pemukiman.

Pangdam memyatakan akan berupaya menghadirkan solusi untuk masalah kesulitan air tersebut.

“Kita akan berupaya semua pemukiman bisa mendapatkan air bersih,” tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam Cenderawasih juga berkesempatan meninjau hasil karya UMKM, baik berupa kerajian, roti, donat, dan lain-lain.

Pangdam juga menyerahkan bantuan paket tambahan nutrisi untuk warga sebagai pencegahan stunting dan alat sekolah kepada para siswa setempat.

Peresmian pemanfaatan fasilitas air bersih tersebut dirangkaikan dengan pencanangan percepatan penurunan stunting, yang merupakan program yang sedang digalakkan oleh pemerintah pusat.[yat]