Pangdam XVII/Cenderawasih Buka Liga Topskor U-12 Papua Tahun 2022

34

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, secara resmi membuka Liga Topskor U-12 Papua Tahun 2022, bertempat di Lapangan Sepak Bola Kampung Nafri, Distrik Abepura, Jayapura, Sabtu (05/11/2022).

Partisipasi Kodam XVII/Cenderawasih dengan menjadi salah satu sponsor utama Liga Topskor U-12 Tahun 2022, merupakan wujud dari kepedulian dalam pembinaan generasi muda Papua melalui Sepak Bola, sehingga diharapkan pemain-pemain muda menjadi pemain berprestasi dimasa yang akan datang.

“Saya sangat menaruh perhatian pada pembinaan sepak bila di Papua ini, karena kata Presiden bahwa Papua merupakan gudang Atlet,” ujar Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa dalam.sambutannya saat membuka Liga Topskor U-12 tersebut.

Diharapkan dengan terselenggaranya Liga Topskor tentunya akan menghadirkan Atlet sepakbola yang akan mengharumkan nama Papua.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada panitia yang sudah bekerja keras sehingga sore ini kita dapat mengikuti kegiatan pembukaan turnamen Liga Top skor Papua U-12 Tahun 2022 dan juga terimakasih saya ucapkan untuk sponsor yang sudah mendukung kegiatan ini sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan baik,” tutur Pangdam XVII/Cenderawasih.

“Maksud dari Kodam menyelenggarakan kegiatan ini agar suatu saat adik-adik kita ini bisa berkembang, berprestasi dan bahkan berkiprah di sepak bola internasional,” tegas Pangdam Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Liga Topskor U-12 Tahun 2022 Kapten Inf Guntur Lukas T’joe mengatakan Liga Topskor Papua adalah Liga Topskor Indonesia yang mempunyai sejarah tersendiri.

Kehadiran Liga Topskor Papua adalah bentuk tanggung Jawab sosial dari insan media terhadap perkembangan generasi muda di masa depan.

“Liga Topskor Papua digagas dan diselenggarakan pertama kali sejak tahun 2021 dengan memutar kompetisi Pra Liga Usia 13 Tahun yang melibatkan 8 Tim SSB menggunakan aturan dan sistem pertandingan yang berasal dari Liga Topskor Indonesia, dan pada musim tahun 2022 ini menggelar 3 kategori usia yaitu Usia 14 tahun, Usia16 tahun dan Usia 12 Tahun,” tutur Guntur yang juga menjabat sebagai Danramil 1701-03/Abepura.

Liga Topskor U-12 Papua yang akan digelar satu bulan lebih, diikuti 14 tim Sekolah Sepak Bola (SSB) dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kabupaten Keerom, dalam rangka seleksi tim sepakbola untuk mewakili Provinsi Papua pada ajang Liga Topskor U-13 di tingkat nasional Tahun 2023, dan menjaring bibit-bibit pesepakbola.

Di kesempatan sama, Robert L.N. Awi, S.STP, Kepala Dinas Perindagkop Kota Jayapura yang juga merupakan putra mahkota Odoafi Warke mengucapkan terimakasih bagi bapak Pangdam XVII/Cenderawasih dan KONI Kota Jayapura yang telah memberikan perhatian kepada kampung Nafri dalam membina atlet muda.

“Kepada Anak-anakku yang akan bertanding tetap semangat dan junjung tinggi sportivitas,” ungkapnya

Sementara itu, Ketua KONI Kota Jayapura Abisai Rollo, SH. MH yang juga Ketua DPRD Kota Jayapura mengucapkan terimakasih kepada anak-anak SSB yang akan mengikuti pertandingan dan tidak menutup kemungkinan akan memperkuat Timnas Nasional Indonesia dan juga Tim kebanggaan Persipura Jayapura.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan Liga Topskor U-12 Wakapolda Papua Brigjen Pol. Ramdani Hidayat, S.H, Irdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Agus Supriyo Winarno, Kapok Sahli Pangdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Danang Wiranta, Danrem 172/PWY Brigjen TNI J. O. Sembiring, S.H., S.E., M.M., Wadan Lantamal X Kolonel Laut (P) Hariono, S.H., M.Tr.Hanla, Para Pamen Ahli, Asrendam dan Para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih, Kabalakdam XVII/Cenderawasih serta juga Klub SBB U-12 Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Kerom.[yat]