Pangdam XVII/Cenderawasih dan Bupati Jayapura Panen Jagung dan Resmikan Sentra Industri Kakao Di Kampung Hanggai Hamong

31

SENTANI, PapuaSatu.com – Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa bersama Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw,SE,M.Si melaksanakan panen jagung bersama dan peresmian hasil Karya Bakti TNI berupa Pembangunan Sentra Industri Kakao Tahun 2022 di Kampung Hanggai Hamong, Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura, Selasa (6/12/22).

Pangdam Cenderawasih mengungkapkan, dukungan Kodam XVII/Cenderawasih dalam upaya pengembangan kakao di Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura, karena potensinya yang tinggi, dan budidaya kakao di daerah tersebut sudah lama ada.

“Sehingga saya berharap kedepannya,ì sinergitas yang kita bangun antara TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat, khususnya masyarakat di Distrik Namblong ini bisa memberikan kesejahteraan,” ungkapnya saat ditemui wartawan di Kampung Hanggai Hakong, Distrik Namblong, Kabupaten Jayapura, Selasa (6/12/22).

Diharapkan, pengembangan sentra kakao tersebut bisa menambah nilai ekonomi dan membawa kemajuan di daerah tersebut.

Dalam sambutannya, Pangdam menyampaikan rasa syukurnya karena bisa bersama panen jagung dan meresmikan Karya Bakti TNI Pembangunan Sentra Industri Kakao.

“Tanah ini hanyalah tanah sebagai hamparan biasa tapi dia bisa memberikan manfaat, memberikan kegunaan nilai bagi kita apabila kita sebagai insan hamba Tuhan harus bisa memanfaatkan tanah yang diberikan oleh Tuhan,” ujar Pangdam XVII/Cenderawasih.

Karena itu Pangdam meminta agar masayarakat mau melestarikan tanahnya.

“Walaupun saya sudah kembali atau tidak ada di sini, saya harap program ini tetap berjalan dan tetap menjadi sahabat dan keluarga dari Kodam XVII/Cendrawasih khususnya dalam penanganan Kakao, jagung maupun produk unggulan lainnya,” jelas Pangdam.

Sebagai tahap awal untuk pecontohan, akan digarap lahan seluas lima hektar, yang diharapkan bisa diselesaikan dalam waktu enam bulan.
Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa pun memberi arahan kepad pemuda-pemuda yang ingin daftar Tentara agar dapat menyiapkan diri, terutama kesehatannya, fisik dan mental, yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari.

Di kesempatan sama, Bupati Jayapura, Mathias Awoitauw, S.E., M.Si mengungkapkan sangat senang dan berterima kasih kepada Pangdam XVII/Cenderawasih yang telah menjalin kolaborasi dan kerja sama dalam memajukan pertanian kakao di Kabupaten Jayapura.

“Hari ini kita bisa lihat hasilnya luar biasa dan terimakasih kepada masyarakat disini. Tanah ini harus dijaga karena bagian gugus tugas akan terus melaksanakan tugasnya disini, untuk itu masyarakat yang mempunyai lahan agar aktif dan jangan menjual tanahnya karena tanah ini untuk anak cucu kita,” pungkas Bupati Mathias Awoitauw.

Ditegaskan, bahwa kedepannya kerjasama tersebut tidak putus karena ada Babinsa untuk membantu kita.

“Dengan kerja sama ini bisa dilihat karena TNI bisa membantu kita dan TNI dan masyarakat tidak bisa dipisahkan sampai kapanpun,” kata Bapak Bupati.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI R. Sidharta Wisnu Graha, S.E., Danrem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring, S.H., S.E., M.M., Para Asisten Kasdam XVII/Cenderawasih, Para Staf Ahli, Kabalakdam XVII/Cenderawasih, Danrindam XVII/Cenderawasih, dan Para tokoh Adat dan Masyarakat Kampung Hanggai Hamong.

Di akhir kegiatan Bupati Jayapura Bapak Mathias Awoitauw, S.E, M.Si memberikan plakat kepada Bapak Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa.

Demikian pula Pangdam XVII/Cenderawasih memberikan Sertifikat Sekolah Lapang Peremajaan Kakao dan didampingi Bupati Jayapura Bapak Mathius Awoitouw, S.E., M.Si., serta Pemberian Sembako secara simbolis kepada masyarakat Kampung Hanggai Hamong, Kampung Yakasib dan Kampung Imestum.[yat]