Pangdam XVII/Cenderawasih Lantik 137 Putra Terbaik di Papua Jadi Prajurit TNI AD

33
Pelantikan dan pengambilan sumpah dalam Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama TNI-AD Gel.I TA 2022 di Mako Rindam XVII/Cenderawasih
Pelantikan dan pengambilan sumpah dalam Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama TNI-AD Gel.I TA 2022 di Mako Rindam XVII/Cenderawasih

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Setelah melalui penggemblengan di Rindam XVII/Cenderawasih, 137 putra terbaik di Papua resmi menjadi Prajurit TNI AD, Selasa (27/9/2022).

Hal itu ditandai dengan pelantikan dan pengambilan sumpah dalam Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama TNI-AD Gel.I TA 2022 di Mako Rindam XVII/Cenderawasih yang dipimpin langsung oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, serta dihadiri Para Pejabat Kodam XVII/Cenderawasih.

Dalam amanatnya, Pangdam XVII/Cenderawasih mengucapkan selamat kepada mantan Prajurit Siswa yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan dengan baik, sehingga dilantik sebagai Prajurit TNI AD dengan pangkat Prajurit Dua.

“Pendidikan yang telah dilaksanakan ini, merupakan pendidikan pembentukan dan peralihan status dari sipil menjadi seorang prajurit. Masing-masing individu telah dibekali pengetahuan dan keterampilan militer dasar golongan Tamtama guna mengawali tugas sebagai prajurit TNI Angkatan Darat,” ucap Pangdam XVII/Cenderawasih.

Pangdam berharap agar pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh selama mengikuti pendidikan, dapat diasah serta dikembangkan untuk menjadikan prajurit yang tangguh, tanggap, tanggon dan trengginas.

“Selain itu, pegang teguh jati diri TNI sebagai Tentara Rakyat, Tentara Pejuang, Tentara Nasional dan Tentara Profesional. Aplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI,” tambah Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa.

Lebih lanjut Pangdam XVII/Cenderawasih memberikan beberapa atensi yaitu, Pelihara dan tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta meningkatkan semangat, motivasi, disiplin, jiwa korsa dan tekad yang bulat untuk menjadi prajurit yang profesional sehingga organisasi TNI AD akan semakin handal dan Solid.

“Jadilah prajurit yang selalu mencintai dan dicintai rakyat, hindari sikap serta perilaku yang dapat merugikan dan menyakiti hati rakyat maupun merusak citra TNI AD. Pegang teguh Sumpah yang telah diucapkan, karena sumpah adalah janji suci seorang prajurit disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Esa, jadikan sebagai landasan moral dalam setiap pelaksanaan tugas dan pengabdian sebagai prajurit TNI AD,” kata Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Danrindam XVII/Cenderawasih beserta seluruh staf dan tenaga pendidik, atas dedikasi selama penyelenggaraan pendidikan sehingga dapat berjalan sesuai rencana,” tutup Pangdam XVII/Cenderawasih.

Setelah kegiatan Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama TNI-AD Gel.I TA 2022. Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa, melaksanakan penanaman pohon didampingi bersama Ketua Persit KCK PD XVII/Cenderawasih Ny. Ziska Muhammad Saleh Mustafa. Kemudian memberikan pengarahan kepada prajurit dan Persit di Aula Serba Guna Rindam XVII/Cenderawasih.[redaksi]