Panglima TPN-PB, Amos Sorondaya Keluarkan Surat Seruan Larangan Aksi Sporadis

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Panglima Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN-PB), Amos Sorondaya mengeluarkan seruan terkait larangan aksi sporadis pada beberapa daerah, Jum’at (15/4/2022).

Seruan tersebut dikeluarkan secara resmi oleh Markas Besar TPN-PB dengan bertuliskan SERUAN-RIMBA RAYA NO : 74.002/S.PANG/MN.TPN/IV/EX/2022 dengan ditandatangani oleh Panglima TPN-PB pada 12 April 2022 lalu.

Dalam seruan tersebut, Amos Sorondanya meminta agar seluruh personil TPN -PB untuk tidak melakukan tindakan-tindakan sporadis yang bertujuan mengganggu situasi dan kondisi keamanan baik di Papua maupun di Papua Barat.

“Menyikapi fenomena yang berkembang akhir-akhir ini pada umumnya dan POK (Petunjuk Operasional Kegiatan) di tanah Papua pada khususnya, saya Panglima Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat menyerukan bagi seluruh kesatuan dan personol Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat agar tidak melakukan tindakan-tindakan sporadis yang bertujuan mengganggu situasi dan kondisi keamanan bersama,” katanya dalam seruan tersebut.

Pada seruan selanjutnya, Amos Sorondaya juga meminta segala tindakan-tindakan harus sesuai dengan satu garis komando darinya. “Segala tindakan yang dilakukan diluar garis komando adalah tindakan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab yang ingin mengacaukan ketentraman bersama,” ujarnya.

Amos Sorondaya juga meminta seruan resmi ini dapat dipatuhi oleh seluruh personil TPN-PB. Tak hanya itu, ia juga menghimbau agar TNI dan Polri pun dapat menjaga hal ini bersama-sama. [ayu]