Papua Barat Daya Siap Jadi Tuan Rapimnas II Pemuda Katolik

195

SORONG, PapuaSatu.com – Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) II Pemuda Katolik (PK) siap digelar, di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.

Pelaksanaan Rapimnas II akan berlangsung pada tanggal 4-7 Juli 2024 di Ballroom Aimas Convetion Center, Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.

Selaku tuan rumah Rapimnas II Pemuda Katolik, Ketua Pemuda Katolik Komisariat Daerah (Komda) Provinsi Papua Barat Daya, Methodius Baru menjelaskan bahwa pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan, guna mensukseskan pelaksanaan Rapimnas II Pemuda Katolik yang akan berlangsung di Provinsi Papua Barat Daya.

Menurut Methodius, Pengurus Komda Provinsi Papua Barat Daya dan Panitia Rapimnas II telah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Hirarki Gereja, yakni Uskup Keuskupan Manokwari-Sorong, Pj Gubernur Provinsi Papua Barat Daya, Bupati dan Walikota Se-Provinsi Papua Barat Daya serta pihak-pihak terkait lainnya.

“Pada prinsipnya, mereka mendukung penuh kegiatan Rapimnas II Pemuda Katolik yang akan berlangsung di Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya,” jelasnya, Sabtu (29/06/2024).

Kata Methodius, pada tanggal 1 Juli 2024, Steering Comite (SC) dari Pengurus Pusat Pemuda Katolik sudah ada yang datang dari Jakarta ke Provinsi Papua Barat Daya, sehingga bersama-sama dengan Pengurus Pemuda Katolik Komda Papua Barat Daya dan Panitia Rapimnas II menyiapkan hal-hal teknis, guna menyambut para peserta yang datang dari setiap Komda dan Komcab di 37 provinsi di Indonesia.

“Ada 37 pengurus Komda se-provinsi di Indonesia dan pengurus komcab-komcab dari kabupaten/kota se tanah Papua yang akan hadir mengikuti Rapimnas II di Provinsi Papua Barat Daya. Diperkirakan ada sekitar 250-300 peserta yang akan hadir mengikuti kegiatan Rapimnas II ini,”ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Rapimnas II Pemuda Katolik, Hermanus Syufi mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan secara teknis, guna mensukseskan pelaksanaan Rapimnas II di Provinsi Papua Barat Daya.

Lebih lanjut, kata Hermanus, persiapan yang dilakukan meliputi persiapan misa pembukaan pada tanggal 4Juli dan persiapan pembukaan dan seminar nasional yang akan berlangsung pada tanggal 5 Juli, hingga pelaksanaan Rapimnas II sampai dengan tanggal 7 Juli 2024.

“Pada intinya kami siap menyambut dengan gembira kedatangan para peserta Rapimnas II Pemuda Katolik dari seluruh Indonesia ke tanah Moi, Provinsi Papua Barat Daya,”ucapnya.

Hermanus berharap, dukungan dari semua pihak, terutama para pemuda, mahasiswa, dan seluruh umat Katolik serta masyarakat , guna mensukseskan Rapimnas II Pemuda Katolik di Provinsi Papua Barat Daya.[free]