Partai PAN Kota Jayapura Final Dukung Abisai Rollo-Rustan Saru Sebagai Bacalon Walikota dan Wakil Walikota Jayapura

33
Ir. Rustan saru,MM
Ir. Rustan saru,MM

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Menanti keputusan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk pengusungan calon pada Pemilukada 2024 mendatang, Partai PAN Kota Jayapura menyatakan bahwa dukungannya sudah final untuk Abisai Rollo-Rustan Saru sebagai Calon Walikota dan Wakil Walikota Jayapura.

Hal itu sebagai diungkapkan Ketua DPD PAN Kota Jayapura, Ir. Rustan Saru,MM, bahwa untuk penentuan kandidat menggunakan dua kriteria umum, yakni elektabilitas dan kapasitas atau kualitas kandidat bersangkutan.

“Kami dari PAN sudah final, calonnya Abisai Rollo dan wakilnya Rustan Saru,” ungkapnya saat ditemui wartawan di Sentani akhir pekan kemarin.

Untuk calon walikota Abisai Rollo yang adalah Ketua DPD Golkar Kota Jayapura, maka Rustan saru berharap Golkar juga memberikan dukungan yang sama.

Disinggung lobi-lobi dengan partai lain, Mantan Wakil Walikota Jayapura periode 2017 – 2022 tersebut menyatakan bahwa dari komunikasi yang sudah dan sedang dibangun, akan ada koalisi empat atau lima partai yang akan mengusungnya.

“Dari komunikasi yang saya dengar dari Pak Abisai Rollo ada Partai PAN, Golkar, Perindo,  P3, dan PKB. Ini masih tingkat daerah,” ujarnya.

Dikatakan, bahwa dalam perpolitikan sangat dinamis, sehingga setiap waktu bisa berubah, kapan saja dan dimana saja.

Terkait dua hal menjadi dasar pertimbangan bagi kandidat, yakni elektabilitas dan kapasitas atau kualitas daripada kandidat, untuk tingkat daerah sudah selesai melakukan pendaftaran calon, dan para kandidat sudah mendaftar.

Dan saat ini tinggal menunggu keputusan dari dewan pimpinan pusat.

“Daerah boleh mendukung, tapi yang menentukan pusat,” tegasnya.

Dan untuk pengumuman koalisi partai diperkirakan awal Juli sudah bisa diumumkan, dan paling lambat pertengahan Juli 2024.

Rustan Saru pun menyatakan optimismenya untuk bisa maju sebagai Calon Wakil Walikota Jayapura.

“Saya kira saya optimis, sepanjang masih ada peluang,” ujarnya lagi.[yat]