Pastikan Situasi Kamtibmas Kondusif, 1 SSK Personel TNI- Polri Tiba di Dogiyai

Karo Ops Polda Papua Kombes Pol I Ketut Gede Wijatmika, S.I.K saat memberikan arahan kepada personil TNI dan Polri yang akan menuju Kabupaten Dogiyai, setiba di Polres Nabire, Selasa (24/5/22)
Karo Ops Polda Papua Kombes Pol I Ketut Gede Wijatmika, S.I.K saat memberikan arahan kepada personil TNI dan Polri yang akan menuju Kabupaten Dogiyai, setiba di Polres Nabire, Selasa (24/5/22)

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Sebanyak Satu Satuan Setingkat Kompi (SSK), dengan total ada 105 Personel gabungan TNI-Polri tiba di Bandara Udara Douw Aturure Nabire pada Pukul 11.50 Wit dalam rangka memperkuat pengamanan yang terjadi di Kabupaten Dogiyai pasca kejadian pembarakan yang menghanguskan sebanyak 18 rumah warga, Selasa (24/05).

Pasukan teraebut, terdiri dari 30 personil TNI Yonif RK 753/AVT, 32 peraonil Brimob Polda Papua dan 43 personil Polres Nabire.

Kehadiran pasukan dipimpin Karo Ops Polda Papua Kombes Pol I Ketut Gede Wijatmika, S.I.K yang didampingi oleh Pejabat utama Polda Papua lainnya, Kapolres Nabire AKBP I Ketut Suarnaya, S.I.K, Dandim 1705 / NBR Letkol inf. Anjuanda Pardosi, SE,.M.Si, Danyon Inf RK 753 AVT Mayor Inf. Justus Mara.

Dalam kesempatannya Kapolres Nabire menyampaikan bahwa hadirnya Aparat keamanan di Kabupaten Dogiyai dapat memberikan kedamaian di masyarakat yang sangat mengharapkan kehadiran kita.

“Saya mengingatkan kembali kepada rekan-rekan agar tidak terpancing dengan situasi yang dipakai oleh kelompok – kelompok yang tidak bertanggung jawab yang mengatakan aparat keamanan sebagai pengacau situasi, sebaliknya kita harus buktikan bahwa kehadira rekan-rekan semua dapat menjadi berkah bagi masyarakat di Kabupaten Dogiyai,” jelas Kapolres Nabire.

Di Kesempatan yang lain, Dandim 1705/NBR Letkol Inf. Anjuanda Pardosi, SE, M.Si menyampaikan bahwa Tindakan rekan-rekan di lapangan harus mengutamakan Tindakan persuasive atau lebih humanis dalam menyelesaikan masalah yang ada.

“Buktikan kepada masyarakat bahwa kehadiran rekan-rekan semua dapat memberikan ketenangan dan kedamaian bagi masyarakat yang ada, dengan salah satu contoh membantu mengevakuasi rumah korban yang terkena musibah atau memberikan bantuan-bantuan berupa sembako kepada para korban,” jelas Dandim 1705/NBR.

Setelah melakukan Apel pengecekan personel, selanjutnya personel gabungan TNI-Polri Bergeser menuju Kabupaten Dogiyai pada pukul 14.20 Wit. Menggunakan kendaraaan yang telah disediakan oleh Polda Papua.[yat]