PDAM Jayapura Sebut Tunggakan Pelanggan Capai 34,4 Miliar

0
444
Kepala PDAM Jayapura, Entis Sutisna
Kepala PDAM Jayapura, Entis Sutisna

JAYAPURA, PapuaSatu.com – Kepala Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Jayapura, Entis Sutisna mengaku dari 2016 hingga 2019 masih ada tunggakan pelanggan sebesar 34,4 miliar.

“Potensi tunggakan sekitar 34,4 miliar dari 34.700 pelanggan dari hutang rekening air dari 2016-2019,” akunya, Sabtu (18/1/20).

Dikatakan, pihaknya sedang mengupayakan untuk memaintance hal tersebut dengan baik. “Maka, akhir bulan Januari, kami sudah menyiapkan 5 mobil pick up baru yang akam di distribusikan ke UPP untuk memastikan nanti melakukan pemutusan kepada pelanggan yang menunggak,” katanya.

Ia lanjutkan, akan dibentuk 8 regu pemutusan nantinya dan diback up oleh pihak polresta Jayapura karena pihaknya telah melakukan MoU.

Selain penunggakan, regu tersebut juga akan menertibkan warga yang selama ini menggunakan air namun tidak memiliki no pelanggan/no rekening air. “Untuk saat ini pemutusan sudah jalan tapi secara besar-besaran akan dilakukan awal Februari,” tegasnya.

Sementara itu, Entis juga beberkan, water losis dalam audit BPKP tahun 2019 masih tinggi sekitar 43 persen dari total produksi PDAM. Sedangkan efektifitas penagihan juga masih cukup rendah masih sekitar 55 persen dan itu menjadi PR PDAM. [ayu]