Peduli Terhadap Lingkungan Harus Dilakukan Setiap Hari

115

SENTANI, PapuaSatu.com – Di momen memperingati hari lingkungan hidup sedunia, Pemerintah Kabupaten Jayapura menggelar aksi peduli lingkungan di kawasan Pantai Khalkote, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Senin (10/6/24).

Hal itu berupa penanaman pohon dan pembersihan kawasan Khalkote yang akan menjadi tempat pelaksanaan Festival Danau Sentani, yang diagendakan digelar mulai pada tanggal 19 Juni 2024.

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024 sendiri adalah “Land Restoration, Desertification, and Drought Resilience” dengan slogan “Our Land, Our Future, Generation Restoration”.

Selain itu, dalam iven yang dihadiri Pj. Bupati Jayapura Triwarko Purnomo, Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Ny. Cintiya R. Talantan, Dandim 1701/Jayapura, Kolonel Inf. Hendry Widodo, dan sejumlah pejabat lain, juga dilakukan peresmian alat monitor kualitas air online.

Terkait aksi peduli lingkungan, Triwarno Purnomo mengharapkan agar bisa menjadi kegiatan yang membudaya atau tetus-menerus dilakukan oleh seluruh masyarakat.

“Hal ini tentunya diharapkan tidak hari ini saja, tapi bisa terus menerus ini menjadi kesadaran bersama,” ungkapnya.

Peduli lingkungan dimaksud seperti menanam pohon, tidak membuang sampah sembarangan, dan bisa bersama-sama menjaga agar air danau stabil dan bersih.

Hal senada diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Jayapura, Cintiya R. Talantan, yang meminta agar Dinas Lingkungan Hidup bisa mengagendakan iven peduli lingkungan secara rutin setiap bulan.

“Jangan hanya dilakukan pada peringatan hari lingkungan hidup, namun kegiatan seperti ini diagendakan minimal setiap bulan dari Dinas Lingkungan Hidup sehingga sampah-sampah tidak menumpuk ,” ujarnya.

Cintiya juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, karena bisa berdampak negatif.

“Kesadaran kita semua justu diperlukan agar lingkungan bersih dan kita terhindar bencana,” ujarnya.

Giri Wijayantoro, Mantan Wakil Bupati Jayapura yang tampak juga hadir pada kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tersebut menyampaikan ajakan kepada warga, untuk peduli terhadap lingkungan.

Dikatakan, antara lingkungan dan kehidupan bermasyarakat ada hubungan seperti symbiosis.

“Lingkungan bila terjaga dengan rapi dan baik maka ketersediaan oksigen bisa didapatkan dengan baik bagi kehidupan kita,” ujarnya.

Giri yang akan mencalonkan diri lagi pada Pilkada nanti mengingatkan warga agar kebersihan lingkungan tetap dijaga.

“Jika lingkungan baik dan bersih tentunya cara berpikir kita juga akan sama seperti itu dan itu menjadikan semangat buat kita semua,” sambungnya.[yat]