Pelaksanaan KMAN Ke-VI 2022 Lebih Banyak Melibatkan Masyarakat Kampung

31
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw

SENTANI, PapuaSatu.com – Kongres Masyarakat Adat Nusatara (KMAN) ke-VI 2022 yang dipusatkan di Tanah Tabi, khususnya di Kabupaten Jayapura, akan menjadi hajatan seluruh masyarakat adat.

Selain peserta yang akan menjadi tamu dan menginap di rumah-rumah warga kampung, transportasi danau untuk peserta yang menggunakan speedboat milik warga, sejumlah layanan juga akan menjadi tanggung jawab masyarakat kampung di sekitar lokasi sarasehan.

“Untuk konsumsi dan lain-lain itu orang kampung sendiri yang bertanggungjawab,” ujar Ketua Panitia KMAN Ke-VI, Mathius Awoitauw,SE,M.Si kepada wartawan di Sentani, Sabtu (6/8/22).

Bagaimana keterlibatan masyarakat adat di lokasi-lokasi sarasehan selama KMAN Ke-VI menjadi topik pembahasan pertemuan Panitia KMAN dengan sejumlah ondoafi di Helebhey Obhe Kampung Sereh, Sabtu (6/8/22).

“Tadi kita dengar-dengar pandangan, pikiran-pikiran bagaimana ini bisa dimaksimalkan keterlibatan masyarakat adat,” jelas Mathius Awoitauw.

Dikatakan, masyarakat adat di kampung-kampung yang menjadi lokasi sarasehan maupun tempat menginap peserta sangat antusias untuk memberikan yang terbaik.

“Jadi ini akan menjadi suka cita menyambut tamu yang datang dari jauh, karena masyarakat kita seperti itu, mereka akan layani luar biasa tamu yang datang,” ujarnya.

“Bahkan mereka bilang kenapa ini lambat kasih tau kita orang, kami harus buat yang terbaik,” sambungnya.[yat]