Pemerintah Kabupaten Jayapura Apresiasi Lantamal X Jayapura Bina Petani Budidaya Ikan Keramba di Sentani

102

SENTANI, PapuaSatu.com – Dalam panen serentak untuk ketahanan pangan secara nasional oleh TNI Angkatan Laut, Rabu (10/7/24), salah satu tempat panen raya tersebut adalah budidaya ikan air tawar sistem keramba di kawasan pingiran Danau Sentani, tepatnya di kawasan Tanjung Elmo, Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura.

Selain panen serentak, juga dilakukan penaburan benih ikan di keramba milik warga binaan oleh Danlantamal X Jayapura, Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono, Asisten II Setda Kabupaten Jayapura, Dra. Delila Giay,M.Si, Danlanud Silas Papare, Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah., S.Sos., dan tamu undangan lain dari akademisi, perbankan, dan lain-lain.

Panen serentak tersebut, dilaksanakan secara nasional oleh Mabes Angkatan Laut bersama Kementerian Pertanian RI, yang dipusatkan di Provinsi Lampung.

Pj. Bupati Jayapura yang diwakili Asisten II Setda Kabupaten Jayapura, Dra. Delila Giay, M.Si menyatakan apresiasinya atas pembinaan dan dengan hasil yang bisa dipanen mencapai lima ton.

“Terima kasih telah memilih tempat ini untuk memanen setentak,” ungkapnya.

Dikatakan, selain lokasinya yang sangat baik untuk budidaya ikan air tawar, juga panorama alam yang cukup indah.

Sehingga Ny. Delila Giay memawarkan kerja sama untuk juga mengbangkan sektor pariwisata di tempat tersebut.

Sedangkan terkait ketahanan pangan, Pemerintah Kabupaten Jayapura bersam sejumlah instansi sudah melakukan sejumlah langkah.

Diantaranya dengan TNI AU, yang memanfaatkan lahan di Lanud Silas Papare untuk budidaya tanaman jagung dan umbi-umbian.

Dan dengan Polres Jayapura juga melakukan pengembangan sejumlah komoditi pertanian di sejumlah lokasi di Kabupaten Jayapura.

Dikatakan, dalam waktu dekat juga akan dilakukan penanaman hortikoltura seluas enam hektar di daerah Kampung Puay, Distrik Sentani Timur.

“Tahun ini memang kita meminta untuk semua kepala distrik untuk menyiapkan lahan untuk gerakan menanam dalam rangka pengendalian inflasi,” ungkapnya.

Demikian juga kepada para kepala kampung, untuk mengalokasikan dana desa ataupun dana Otsus, untuk mensukseskan gerakan menanam, pembibitan ikan dan pengembangan peternakan.

Delila Giay pun menyatakan kesiapannya bila ada peluang kerja sama lebih lanjut dalam rangka program ketahanan pangan tersebut.

“Kami Pemerintah Kabupaten Jayapura siap untuk bekerja sama,” ungkapnya.

Delila Giay juga berharap kepada masyarakat dapat membuka diri untuk belerja sama dalam.mengelola potensi yang ada guna menambah pendapatan rumah tangganya.

Dalam kesempatan tersebut, Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan panen serentak ketahanan Pangan TNI Angkatan Laut Tahun 2024 ini sebagai wujud keseriusan TNI Angkatan Laut, khususnya Lantamal X Jayapura dalam mendukung program ketahanan pangan nasional di wilayah Indonesia teritorial Provinsi Papua.[yat]