Kabupaten Jayapura Wakili Papua Louncing Kampung Moderasi Beragama 2023

45

SENTANI, PapuaSatu.com – Kabupaten Jayapura menjadi daerah yang terpilih pada lounching Kampung Moderasi Beragama oleh Kementerian Agama RI yang dilaksanakan secara online yang diikuti Pemerintah Kabupaten Jayapura di halaman Masjid Agung Al-Aqsha Sentani, Rabu (26/7).

Dalam lounching tersebut tampak diikuti Sekda Kabupaten Jayapura, Dr. Ny. Hana S. Hikoyabi,S.Pd,MKP mewakili Pj. Bupati Jayapura, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jayapura, dan puluhan tokoh agama di Kota Sentani.

Saat ditemui wartawan, Sekda Hana Hikoyabi mengungkapkan bahwa pemerintah Kabupaten Jayapura akan terus mendorong replikasi kampung moderasi beragama bagi kampung-kampung yang lainnya.

“Kedua, kita selalu mendukung kegiatan-kegiatan yang menciptakan toleransi umat beragama,” ujarnya.

Dikatakan, toleransi beragama di Kabupaten Jayapura dalam kondisi sangat baik, yang ditunjang dengan pencanangan Kabupaten Jayapura sebagai zona integritas kerukunan umat beragama sejak Tahun 2013.

Namun, diakui masih terkendala terkait pembangunan tugu zona kerukunan umat beragama yang akan dibangun di area eks Puskesmas Sentani depan Bandara Sentani.

Di kesempatan sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jayapura, Steven Alexander Wonmaly, S.Sos, MAP mengungkapkan bahwa moderasi agama di Kabupaten Jayapura sudah tercipta sejak lama.

“Moderasi yang ada sebenarnya sudah kita lakukan selama ini,” ungkapnya.

Salah satu bukti nyata adalah kawasan Masjid Agung Al-Aqsha Sentani yang berdekatan dengan Gereja Katolik Sang Penebus, yang hanya terpisah oleh jalan raya.

Saat hari raya keagamaan, jamaah masjid maupun jemaat gereja bisa saling membantu, terutama terkait pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas serta penyediaan area parkir.

“Jadi kebersamaan, kerukunan, kita sudah coba bangun, terus dijaga dan dirawat, karena Tahun 2016 sudah dicanangkan sebagai zona integritas kerukunan umat beragama,” jelasnya.

Kampung moderasi beragama sendiri, kata Steven Womaly, diusakan ada di semua kabupaten.

Namun untuk lounching yang dilakukan oleh Menteri Agama, Yaqut Kholil, Kabupaten Jayapura dipilih mewakili Papua, dan bahkan juga untuk Indonesia wilayah timur.

Sedangkan wilayah lain adalah di Kota Konawe, Sulawesi Tenggara untuk wilayah Indonesia tengah dan Kota Pasuruan, Jawa Timur mewakili wilayah Indonesia Barat.[yat]