Pemerintah Siapkan 1000 Rapid Test Untuk Warga Eks Pasar Lama

283
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw

SENTANI, PapuaSatu.com – Seiring adanya upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura melalui tim gugus tugas percepatan penangan Covid 19 melakukan karantina di wilayah dibeberapa RW di Pasar Lama, pemerintah sudah menyiapkan 1000 rapid test untuk memeriksa warga yang tinggal di Pasar Lama Sentani.

Hal ini dilakukan untuk membatasi penyebaran Covid 19 diwilayah Kabupaten Jayapura.

“Kita ada siapkan 1000 rapid test hari ini, saya sudah sampaikan ke tim kesehatan supaya fokus dulu di beberapa RW di Pasar Lama,” kata Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw saat saat ditemui wartawan di Kantor Bupati Jayapura, Rabu (22/4).

Pemerintah fokus untuk melokalisir penangangan penyebaran Covid 19 di wilayah-wilayah yang memiliki riwayat pasien positif Covid 19.

Bupati Mathius yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jayapura mengatakan, di Kabupaten Jayapura ada  beberapa wilayah yang sudah terpapar covid 19 ini.

Namun petugas kesehatan terus bekerja keras untuk mengatasi penyebaran Covid 19 tersebut di beberapa titik yang pernah terpapar Covid 19.

Tim medis sudah melakukan berbagai upaya pembatasan, mulai dari memberlakukan karantina dan memetakan penyebaran melalui riwayat kontak erat, sehingga di beberapa wilayah sudah mampu ditangani.

Sementara itu, kasus terbanyak justru berasal dari Jalan Mambruk Pasar Lama, sehingga pemerintah memberlakukan karantina wilayah.

“Karantina  wilayah ini bertujuan supaya membatasi penyebaran covid 19 ini, kalau ini bisa diatasi dengan baik, maka penyebaran dan munculnya kasus baru pasti bisa diatasi,” katanya.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie mengatakan, untuk Rapid Tes akan terus dilakukan, khususnya bagi mereka yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien positif Covid  19.

Apabila reaktif, maka yang bersangkutan akan dilakukan pemeriksaan dengan metode swab tenggorokan untuk lebih memastikan lagi.[yat]